Skema KIP Kuliah 2021 Merdeka, Simak Ini Cara Daftarnya

- 27 Maret 2021, 11:52 WIB
Ilustrasi KIP Kuliah. Siswa pemilik KIP Kuliah dapat mendaftar SBMPTN 2021 secara gratis tanpa dipungut biaya pendaftaran.
Ilustrasi KIP Kuliah. Siswa pemilik KIP Kuliah dapat mendaftar SBMPTN 2021 secara gratis tanpa dipungut biaya pendaftaran. /Dok. Kemendkibud.go.id


POTENSI BISNIS - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim telah meluncurkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) Merdeka pada Jumat, 26 Maret 2021.

Program KIP Kuliah Merdeka merupakan kelanjutan dari program KIP Kuliah yang sudah ada sebelumnya.

Nadiem sangat antusias dengan adanya program KIP Kuliah Merdeka mampu membantu generasi bangsa yang memiliki kualitas intelektual, pada perekonomian keluarga yang serba kecukupan.

Baca Juga: Biaya KIP Kuliah 2021 Naik, Nadiem Ajak Siswa Berprestasi Masuk Program Studi Hebat di Indonesia

Baca Juga: Pemerintah Naikkan Bantuan KIP Kuliah 2021, Nadiem Makarim: Jangan Khawatir Jika Diterima di Kampus Jakarta

Berikut penjelasan Nadiem mengapa program ini dinamakan dengan KIP Kuliah Merdeka.

“Mengapa kita namakan KIP Kuliah Merdeka? karena mahasiswa tidak perlu ragu untuk memilih program studi terbaik di negeri ini, dimanapun lokasinya,” ujar Nadiem, seperti dikutip Potensi-Bisnis.com dari Antara.

Bantuan biaya pendidikan yang sebelumnya pada KIP Kuliah sebesar Rp2,4 juta per semester, kini mengalami perubahan dengan adanya KIP Kuliah Merdeka.

Baca Juga: Daftar Universitas Penerima Mahasiswa SNMPTN 2021 Terbanyak, Mahasiswa KIP Kuliah Banyak di PTN Ini

Program studi terakreditasi A kini berubah menjadi maksimal Rp12 juta per semester, program studi terakreditasi B maksimal Rp4 juta per semester, dan program studi terakreditasi C maksimal Rp2,4 juta per semester.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x