Luhut Ungkap 9 Wilayah Rawan Gempa Bumi, Kepala Daerah diminta Antisipasi

- 4 Maret 2021, 16:05 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. /Instagram.com/@luhut.pandjaitan

POTENSI BISNIS - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan sembilan wilayah potensi rawan gempa bumi yang perlu diwaspadai pada tahun 2021.

Luhut menyampaikan ke sembilan wilayah yang rawan gempa bumi yaitu Mentawai, Bengkulu-Lampung, Selat Sunda-Banten, Selatan Bali, Sulawesi Utara-Laut Maluku, Aceh, Sorong, Matano, dan Lembang.

Analisa mengenai sembilan wilayah tersebut dilakukan berdasarkan data potensi zona aktif, seismic gap, dan hubungan frekuensi gempa serta magnitudonya.

Baca Juga: Ada 10 Juta Pengangguran Akibat Pandemi, Jokowi: Kuncinya Ada di Inventasi

"Ini kapan terjadi? Kita tidak tahu, tapi akan terjadi. Bisa saja 10, 20, 30 atau 50 tahun lagi akan terjadi tapi kapan saja itu bisa terjadi," ujar Luhut dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2021 di Jakarta, dikutip PotensiBisnis.com dari ANTARA, Kamis 4 Maret 2021.

"Misal lempengan Lembang itu, itu sudah banyak yang cerita kepada kita, memberikan briefing betapa itu juga bisa bahaya karena pergeseran itu. Padahal itu melewati kota Bandung," sambungnya.

Luhut mengingatkan kepada kepala daerah khususnya di wilayah tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap gempa bumi dan tsunami, seperti yang pernah terjadi di Aceh, Banten, dan Palu.

Baca Juga: Targetkan Sekolah Tatap Muka Mulai Juli 2021, Mendikbud Siapkan Dana BOS

Untuk mengantisipasi dampak kerugian ekonomi dan korban jiwa akibat bencana gempa bumi, dapat dilakukan salah satunya dengan memperkuat sistem mitigasi gempa bumi dan tsunami.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x