BMKG: 94 Persen Wilayah Indonesia Waspadai Cuaca Ekstrem

- 20 Januari 2021, 16:25 WIB
Ilustrasi perkiraan cuaca menurut BMKG  di Beberapa wilayah Indonesia
Ilustrasi perkiraan cuaca menurut BMKG di Beberapa wilayah Indonesia /https://www.pexels.com/id-id/foto/alam-arsitektur-awan-bangunan-1576369//pexels

POTENSIBISNIS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem. Pasalnya, sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan, yang puncaknya terjadi pada Januari dan Februari 2021.

Wilayah yang telah memasuki puncak musim hujan antara lain daerah Jawa, Bali, Sulawesi Selatan, hingga Nusa Tenggara Timur dan Barat.

"Saat ini tercatat sebagian besar wilayah Indonesia, yaitu 94 persen dari 342 zona musim telah memasuki musim hujan," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dikutip PotensiBisnis.com dari PMJ News, Rabu 20 Januari 2021.

Baca Juga: Ancaman Calon Kapolri Listy Sigit Prabowo untuk Aparat Terlibat Narkoba: Pilihannya Hanya Satu

Kepala BMKG mengatakan, saat ini kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut dipicu oleh menguatnya Monsun Asia yang dapat disertai dengan aliran angin lintas ekuator di Selat Karimata, diperkuat oleh pengaruh hadirnya gelombang atmosfer ekuatorial tropis Madden Julian Oscillation (MJO) dan Gelombang Rossby yang saat ini aktif di wilayah Indonesia.

Kehadiran MJO tersebut dapat bersuperposisi dengan penguatan Monsun Asia yang dapat pula disertai munculnya fenomena seruakan dingin (cold surge) di Laut Cina Selatan.

Baca Juga: Kemnaker Pastikan BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Cair Bulan Ini, tapi Hanya untuk Golongan Ini

Selain itu, teramati beberapa sirkulasi siklonik di selatan Indonesia dan utara Australia yang menyebabkan terbentuknya belokan, pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) sehingga meningkatkan pertumbuhan gugus awan supersel yang berpotensi menimbulkan curah hujan tinggi.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x