BNPB Serahkan Bantuan Operasional Total Rp4 Miliar untuk Gempa Bumi Sulbar

- 16 Januari 2021, 21:10 WIB
Kepala BNPB dan Mensos Risma Mengunjungi lokasi gempa/
Kepala BNPB dan Mensos Risma Mengunjungi lokasi gempa/ /ANTARA/HO-Pusdatinkom BNPB/aa.

POTENSIBISNIS.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo menyerahkan secara simbolis kepada Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar bantuan awal untuk operasional kebutuhan pokok penanganan gempa bumi Sulawesi Barat (Sulbar). Bantuan tersebut sebesar 4 miliar Rupiah.

Adapun bantuan tersebut diserahkan sebesar 2 miliar rupiah untuk Provinsi Sulbar. Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene menerima bantuan masing-masing sebesar Rp1 miliar.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Vaksinasi Adalah Game Changer Pengendalian Covid -19

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo bersama Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar pada Sabtu 16 Januari 2021, meninjau lokasi terdampak gempabumi di Kecamatan Malunda dan Ulumanda, Kabupaten Majene.

Turut mendampingi dalam peninjauan lapangan yakni Deputy Darurat BNPB Dody Ruswandi dan Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah, menggunakan penerbangan helikopter sekitar 17 menit dari Mamuju ke Majene.

Dalam hal ini Pemerintah Sulawesi Barat telah menetapkan status darurat bencana atas gempa bumi yang menewaskan sebanyak 46 jiwa tersebut.

Baca Juga: Bantu Korban Bencana Di Tanah Air, Kemenag Dorong Pendistribusian ZIS

Doni meminta agar penetapan status darurat tersebut dapat dioptimalkan dalam tahap waktu satu hingga dua pekan ke depan.

"Pemerintah Sulawesi Barat telah menetapkan status darurat bencana. Durasi ini bisa berlangsung lebih lama tergantung dari kondisi lapangan. Tahap pertama, satu-dua minggu ini kita harapkan status darurat bisa optimalkan. Seluruh komponen kekuatan yang ada bisa diberdayakan," jelas Doni dikutip PotensiBisnis.com dari laman bnpb.go.id, Sabtu 16 Januari 2021.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: bnpb.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x