Bahas Soal Taliban dan Konflik, Afghanistan Minta Indonesia Fasilitasi Dialog Ulama se-Asia

- 24 Desember 2020, 20:35 WIB
Jusuf Kalla tengah menghadiri undangan Afghanistan untuk mencari jalan keluar terkait konflik dan kekerasan di Afghanistan/
Jusuf Kalla tengah menghadiri undangan Afghanistan untuk mencari jalan keluar terkait konflik dan kekerasan di Afghanistan/ /Instagram.com/@jusufkalla

POTENSIBISNIS - Afghanistan minta Indonesia fasilitasi dialog ulama se-Asia termasuk Taliban terkait pemahaman Islam terhadap kekerasan.

Ketua Dewan Tinggi Rekonsiliasi Nasional (HCNR) Afghanistan, Abdullah menyampaikan harapan kepada Jusuf Kalla (JK) agar Indonesia menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan dialog antar ulama se-Asia tersebut.

Abdullah meminta agar JK mempertemukan para ulama Afghanistan, ulama Indonesia dan kelompok Taliban untuk membahas pemahaman Islam terhadap kekerasan.

Baca Juga: Soal Pencopotan Terawan sebagai Menkes, Politikus Partai Demokrat Tiba-tiba Komentari Hal Ini

"Kami meminta Bapak (JK) untuk mempertemukan para ulama kami dengan Taliban dan ulama Indonesia, untuk berbicara mengenai bagaimana pemahaman Islam itu terhadap kekerasan. Bapak sebagai ketua DMI tentu memiliki pengaruh dan wibawa terhadap ulama," kata Abdullah.

Hal tersebut disampaikan Abdullah dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis 24 Desember 2020. Sebagaimana dikutip PotensiBisnis.com dari laman ANTARA.

Menanggapi hal tersebut, JK menuturkan, dirinya akan mengajak Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk ikut terlibat.

"Mengundang pihak yang berkonflik untuk berdialog di Jakarta, itu adalah salah satu opsi. Kita akan mengundang melalui Majelis Ulama Indonesia," ujar JK.

Baca Juga: Akhirnya Diungkap Komnas HAM Soal Kebenaran Senjata Api yang Diduga Milik Laskar FPI

Halaman:

Editor: Abdul Mugni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x