HOAKS atau FAKTA: Dikabarkan Din Syamsuddin Pidato Pelanggaran HAM Indonesia di PBB, Ini Faktanya

- 18 Desember 2020, 17:05 WIB
Din Syamsuddin dan Gatot Nurmantyo
Din Syamsuddin dan Gatot Nurmantyo /moeslimchoice.com

POTENSIBISNIS - Bereda kabar disebut Tokoh Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Din Syamsuddin beridato di Markas Besar PBB.

Kabar tersebut beredar di sosial media FB, dengan video berdurasi 7,59 menit itu, diunggah melalui kanal YouTube HajiNews TV pada 11 September 2020 lalu.

Dengan keterangan tertulis, "Video tokoh Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Din Syamsuddin di markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat belakangan ini menghebohkan jagad media sosial," keterangannya.

Baca Juga: Rekrutmen Seleksi PPPK 2021, Ini Ketentuan Wajib Diketahui Sebelum Daftar dan Persyaratan Lengkapnya

Berdasarkan hasil penelusuran dikutip dari laman Turn Back Hoak ternyata berita itu (SALAH) atau HOAKS.

Faktanya:

Potongan gambar video tersebut merupakan pidato Din Syamsuddin saat acara peringatan World Interfaith Harmony Week 2012 di New York, Amerika Serikat. Dalam kesempatan itu, Din diminta membicarakan topik “Mediasi Konflik melalui Dialog Antaragama”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI - KATEGORI: KONTEN YANG SALAH
SUMBER: FACEBOOK

NARASI: “@Alhamdulillah..Masalah2 Pelanggaran HAM di Indonesia Telah Dibawa Ke Majelis PBB Oleh prof.dr.din Syamsuddin hingga dunia Tau,Bahwa Kepolisian telah Banyak Melanggar HAM.Mari Kita Kawal dan berbagi Ke Teman-teman Muslim Kita..” unggah akun Facebook Rahma Nur, Kamis (17/12/2020).

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x