Status Waspada! Ancaman Erupsi Gunung Semeru Bisa Meluas, PVMBG Imbau Masyarakat Jangan Lakukan Ini

- 17 Desember 2020, 11:45 WIB
Kolom Gunung Semeru Tertutup Kabut Lebat, PVMBG: Erupsi Terjadi Tidak Terus Menerus
Kolom Gunung Semeru Tertutup Kabut Lebat, PVMBG: Erupsi Terjadi Tidak Terus Menerus /Antara/Umarul Faruq

POTENSIBISNIS – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), melakukan evaluasi terhadap status Gunung Semeru yang saat ini kondisinya masih berada di Level II atau Waspada.

Kepala Subbidang Mitigasi Gunung api Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Nia Haerani mengatakan, Ancaman Gunung Semeru dengan statusnya yang waspada ini telah memiliki tiga zona Kawasan Rawan Bencana (KRB).

“Ancaman bahaya pada gunung api dengan status waspada berada di sekitar kawah dan ada tiga zona KRB,” kata Nia Haerani.

Baca Juga: ShopeePay Bagikan Kiat Cerdas Maksimalkan Skill Fotografi agar Pemilik Usaha Makin Cuan

“Pada status siaga, ancaman bahaya erupsi bisa meluas, namun tidak mengancam permukiman penduduk dengan luas daerah ancaman berbeda-beda untuk setiap gunung api,” ujarnya.

PVMBG, melakukan evaluasi terhadap status Level II atau waspada Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Tim sudah turun di lapangan dan tim masih melakukan kajian untuk mengevaluasi aktivitas Gunung Semeru,” kata Kepala Subbidang Mitigasi Gunung api Wilayah Barat PVMBG Nia Haerani Rabu 16 Desember 2020, yang dikutip PotensiBisnis.com dari Antara.

Menurutnya terdapat empat tingkatan terkait aktivitas Gunung Api di Indonesia yang ditetapkan dari peraturan Menteri ESDM No. 15 tahun 2011 yang dibagi menjadi empat yakni level I (normal), level II (waspada), level III (siaga), dan level IV (awas).

Namun, Evaluasi yang dilakukan PVMBG, Nia sebut Gunung Semeru tidak terjadi erupsi terus menerus sehingga aktivitasnya hingga saat ini tetap di Level II atau Waspada.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x