107 Hujan Meteor Geminid per Jam akan Hujani Langit Malam Ini Jangan Terlewatkan!

- 13 Desember 2020, 21:50 WIB
Hujan meteor geminid dan gerhana matahari akan jadi fenomena ambir talun 2020
Hujan meteor geminid dan gerhana matahari akan jadi fenomena ambir talun 2020 /info astronomy.org


POTENSIBSNIS - Hujan Meteor Geminid yang diperkirakan ada 86 - 107 meteor per jam menghujani wilayah Indonesia pada 13-14 Desember 2020.

Perlu diketahui, Hujan Meteor Geminid merupakan salah satu fenomena langit yang terjadi di penghujung tahun ini, 2020.

Sebagaimana jelaskan Pusat Sains Antariksa LAPAN, Hujan Meteor Geminid merupakan fenomena hujan meteor yang titil radian atau titik asal muncunlnya meteor berada di konstelasi rasi bintang Gemini.

Baca Juga: Fadli Zon Ternyata Punya Hubungan Istimewa dengan Sekretaris Bank Kenamaan, Hobinya 'Bikin Iri'

Adapun lokasi terbaik agar bisa mengamati Hujan Meteor Geminid yaitu di tempat yang bebas polusi cahaya dan cuaca cerah.

Pengamatan paling ideal dilakukan mulai tengah malam, ketika kondisi langit sudah benar-benar gelap, sehingga akan ada lebih banyak meteor yang bisa diamati.

"Hujan Meteor Geminid dapat disaksikan mulai pukul 20.00 WIB pada hari ini 13 Desember hingga pukul 05.00 WIB pada 14 Desember 2020, dengan intensitas berkisar 86 - 107 meteor per jamnya. Untuk wilayah Indonesia dan ketinggian titik radian ketika kulminasi bervariasi mulai 45 derajat (pulau Rote) hingga 62 derajat (pulau Weh)," seperti dituliskan dalam keterangan akun Instagram LAPAN.

Baca Juga: Akui Stres Belajar di London, Al Ghazali Akhirnya Memutuskan Hal Ini

Hujan Meteor Geminid ini dapat anda saksikan mulai tanggal 13 Desember pukul 20:00 WIB hingga tanggal 14 Desember 2020 pukul 05:00 WIB.

Sebagaimana sebelumnya sudah diberitakan PotensiBisnis dalam artikel "Jangan Lewatkan! Fenomena Alam Astronomi Desember ini, Bulan Dekati Bumi Hingga Hujan Meteor".

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Instagram


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x