Kontrak Quartararo dan Yamaha Segera Berakhir, Peluang Juara WSBK Toprak ke MotoGP?

- 24 Maret 2022, 07:20 WIB
Pembalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu (atas). Peluang juara World Superbike (WSBK) Mandalika, Toprak Razgatlioglu, untuk bergabung ke tim Yamaha MotoGP terjawab, simak selengkapnya./
Pembalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu (atas). Peluang juara World Superbike (WSBK) Mandalika, Toprak Razgatlioglu, untuk bergabung ke tim Yamaha MotoGP terjawab, simak selengkapnya./ /Antara/Andika Wahyu/

POTENSI BISNIS - Peluang juara World Superbike (WSBK) Mandalika, Toprak Razgatlioglu, untuk bergabung ke tim Yamaha MotoGP terjawab.

Bos Yamaha, Lin Jarvis memberikan jawaban, semua pebalap ingin ada di tim pabrikan.

Menurutnya, untuk Toprak bersama Yamaha di tim World Superbike, tentu dia menginginkan di tim pabrikan MotoGP Yamaha.

Baca Juga: Penggunaan Ride Height Device Dilarang untuk MotoGP 2023

Rumor Toprak ke MotoGP sempat berhembus sejak akhir tahun lalu ketika pembalap asal Turki itu memastikan gelar juara WSBK di Sirkuit Mandalika.

Belakangan isu tersebut kembali muncul dan manajer Toprak, Kenan Sofuoglu menegaskan, kepindahan ke MotoGP hanya akan terjadi bila ada tempat di tim pabrikan.

"Ya, semua pebalap ingin ada di tim pabrikan. (Contoh-red) Raul Fernandez ingin berada di tim pabrikan dengan semua pebalap yang Anda temui," kata Lin Jarvis, dikutip dari SpeedWeek.

Baca Juga: Bos Honda Bicara Hasil Mengecewakan di MotoGP Mandalika 2022

"Toprak bersama Yamaha di tim World Superbike. Tentu dia menginginkan tempat di tim pabrikan MotoGP Yamaha. Tetapi kami akan bicara jika ada tempat tersedia."

Lin Jarvis mengatakan prioritas utama tim Yamaha adalah memperpanjang kontrak Quartararo yang akan berakhir pada 2022.

Saat ini, hanya Franco Morbidelli yang  memiliki kontrak hingga 2023 bersama Yamaha.

"Tapi Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Kami sudah melihat hal seperti itu beberapa tahun terakhir. Kami harus menunggu," kata Jarvis.

Baca Juga: Kesaksian Rider Aprilia saat Marc Marquez Kecelakaan di MotoGP Mandalika, Aleix: Dia seperti Boneka

"Kami akan melakukan tes MotoGP dengan Toprak. Dia tertarik. Saya rasa akan menarik bagi dia dan MotoGP jika kami bisa membawa karakter seperti dia ke kelas premier dengan keterampilan yang luar biasa."

Bahkan, Lin Jarvis sudah menyiapkan skema seandainya tempat di pabrikan Yamaha kosong, dan hanya terdapat posisi lowong di tim satelit.

"Jika Toprak ingin ke MotoGP dan kami tidak menempatkannya di tim pabrikan, kami akan memberi Toprak dengan kontrak tim pabrikan dan menempatkannya di tim Razlan Razali RNF. Itu adalah opsi jangka pendek yang bisa kami tawarkan," ucapnya.

"Tetapi pertama kami harus memperpanjang kontrak dengan tim WithU yang akan berakhir pada 2022. Pertama kami harus memperpanjang kontrak dulu. Kami harus menyelesaikan pada akhir Juni. Setelah itu kami bisa berbicara soal seleksi pebalap."

Berdasarkan jadwal kompetisi kejuaran dunia Grand Prix berikutnya MotoGP Argentina 2022 pada 3 April mendatang.***

 

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Speedweek


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x