Waspada! Ancaman Letusan Merapi Kian Nyata, 800 Pengungsi Sudah Dievakuasi

- 22 November 2020, 18:55 WIB
Seorang anak bermain dengan latar belakang Gunung Merapi di kawasan Kinahrejo, Cangkringan, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu 18 November 2020.  ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.
Seorang anak bermain dengan latar belakang Gunung Merapi di kawasan Kinahrejo, Cangkringan, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu 18 November 2020. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww. /Andreas Fitri Atmoko/Antara Foto

POTENSIBISNIS - Gunung Merapi sudah berstatus Siaga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah telah melakukan persiapan rencana kontingensi, sebanyak 800 pengungsi sudah dievakuasi di zona evakuasi sementara.

Persiapan ini dilakukan guna menghindari banyak korban dan mempersiapkan pengungsian bencana letusan Gunung Merapi.

Ketua Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Jawa tengah, Syarifudin menjelaskan bahwa kontingensi merupakan tanggung jawab bersama.

Baca Juga: Siap-siap Warga Tolak Disuntik Vaksin Covid-19 Bakal Kena Denda Rp 5 Juta

"Setiap kabupaten punya rencana kontingensi karena ini jadi tanggung jawab bersama. Di provinsi juga ada rencana kontingensi terkait erupsi ini," kata Syarifudin saat mengunjungi tempat evakuasi sementara di Balai Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis, Sebagaimana dikutip PotensiBisnis.com dikutip Antara.

Segala kemungkinan bisa saja terjadi, termasuk skenario terburuk harus diperhitungkan oleh BPBD Jawa Tengah.

Baca Juga: Kasus Penembakan di Puncak Papua Sasar Siswa SMA, PAK HAM Minta Usut Tuntas

"Kalau kejadian memburuk kami akan buka pos pendamping dengan berbagai bidang, antara lain bidang logistik dan bidang kesehatan," katanya.

Baca Juga: Habib Rizieq 'Disindir Keras' Sesama Habib di Twitter, Sebut Oknum Sok Agamis tapi Jualan Ayat

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x