Bill Gates Diserang Soal COVID-19, Pendiri Microsoft: Konspirasi Sebenarnya Bertebaran di Medsos

- 8 Oktober 2020, 09:58 WIB
Bill Gates.*
Bill Gates.* /Instagram/thisisbillgates

POTENSI BISNIS - Pendiri Microsoft, Bill Gates menyebut platform digital menjadi tempat bagaimana konspirasi mengenai Covid-19 menyebar cepat dibandingkan informasi yang sebenarnya.

Miliarder Bill Gates selama ini menjadi sorotan terkait teori konspirasi yang dikaitkan dengan Covid-19.

Dengan derasnya tuduhan itu, Gates justru konspirasi lebih cepat menyebar dibandingkan kebenaran yang ada di media sosial.

"Ada yang bilang ada seseorang yang secara sengaja membuat virus ini. Ada beberapa konspirasi, hal-hal ini bisa menyebar sangat cepat," ujar Gates pada Kamis, 8 Oktober 2020.

Gates juga mengatakan, seharusnya perusahaan mengambil tindakan tegas mengenai informasi yang menyesatkan seperti seruan tidak menggunakan masker yang mengatasnamakan kebebasan.

"Atau (ajakan) tidak melakukan vaksinasi, padahal ini alat-alat untuk kembali ke kehidupan normal," ujar Gates.

Gates mengakui hal tersebut memanglah tak mudah karena perusahaan teknologi dan media sosial harus menyikapi secara bijak bagaimana cara membatasi atau menutup konten yang menyesatkan.

Selain itu, Gates juga menyinggung soal film dokumenter 'The Social Dilemma' yang ditayangkan di Netflix mengenai bagaimana masyarakat sudah mulai melek dengan social media.

Sebelumnya suami dari Melinda Gates ini juga khawatir mengenai penyebaran berita infomarsi yang salah di WhatsApp, di mana pesannya dienkripsi.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x