Film G-30S/PKI Dinilai Mengandung Unsur Pendidikan Karakter Kebangsaan

- 30 September 2020, 12:06 WIB
Salah satu diorama yang menggambarkan kekejaman G30S PKI.
Salah satu diorama yang menggambarkan kekejaman G30S PKI. /Istimewa

POTENSI BISNIS – Film G30S PKI dinilai mengandung unsur pendidikan bagi peserta didik di tanah air. Film tersebut bisa menjadi upaya untuk menanamkan karakter kebangsaan bagi peserta didik.

Dilansir PotensiBisnis.com dari laman antaranews.com, hal tersebut disampaikan oleh Dr Abdurakhman selaku Sejarawan dan Ketua Departemen Sejarah Universitas Indonesia (UI). Hal tersebut disampaikannya di Jakarta, pada hari Rabu, 30/9/2020.

“Ini sebenarnya betul-betul film pendidikan.” Ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Klaim Kasus Mingguan Positif Covid-19 Turun Selepas Presiden Jokowi Tunjuk Luhut

Menurut Abdurakhman, pemutaran film tersebut sejatinya baik bagi anak didik sebagai referensi ilmu pengetahuan tentang peristiwa yang terjadi pada tahun 1965.

Ia juga melanjutkan, apabila ada pihak yang menganggap film itu tidak benar, maka dipersilahkan membuat film dalam versi lain. Namun tetap harus berdasarkan sumber-sumber sejarah dan fakta sejarah.

“Jadi bukan suatu upaya untuk melencengkan.” Lanjut Abdurakhman.

Baca Juga: Soal Megathrust Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa, BMKG Mendorong Penelitian dan Kajian Lebih Lanjut

Ia berpandangan, sudah selayaknya anak bangsa mengetahui kebenaran peristiwa yang terjadi pada 30 September 1965. Penanaman karakter kebangsaan kepada masyarakat adalah sebuah kewajiban negara. Apabila hal tersebut tidak dilakukan, bersiaplah menerima generasi muda yang tidak mencintai bangsanya.

Halaman:

Editor: Abdul Mugni

Sumber: Antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x