Kemenperin Fokus Melakukan Inovasi Ekosistem Industri 4.0 untuk Mensiasati AKB di Tengah Pandemi

- 28 September 2020, 19:53 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Instagram/@kemenperin_ri
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Instagram/@kemenperin_ri /

POTENSI BISNIS - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) fokus mewujudkan ekosistem inovasi industri 4.0, salah satunya dengan mendorong balai-balai binaan, yang tersebar di Indonesia.

Hal ini, agar bisa bertranformasi menjadi unit kerja yang lebih inovatif untuk mensiasati adaptasi kebiasaan baru (AKB) di masa pandemi Covid-19. 

Demikian itu, diungkapkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Doddy Rahady.

Baca Juga: Komisi VIII DPR RI Minta Biaya Sertifikasi Halal Masuk RUU Ciptakerja Supaya Peran BPJPH Optimal

Doddy menyampaikan, balai industri yang dimiliki oleh Kemenperin saat ini dianggap sebagai lembaga terdepan dalam menerapkan inisiatif peta jalan Making Indonesia 4.0.

“Upaya ini akan terus kami kembangkan untuk menyosialisasikan, menciptakan dan testing solusi industri melalui jasa konsultasi, jasa sertifikasi, jasa pelatihan dan jasa pemanfaatan teknologi yang berkelanjutan,” kata Doddy di Jakarta, pada Senin 28 September 2020.

Dalam rangka mewujudkan ekosistem inovasi industri 4.0, lanjut Doddy, pihaknya telah menyusun panduan tentang Learning Factory Industri 4.0 dan assessment Technoware, Infoware, Humanware, dan Organware (THIO).

Baca Juga: Proyeksi Keuangan BI Mengalami Defisit pada 2021 Sebesar Rp21,8 Triliun

THIO merupakan sebagai alat yang digunakan oleh Balai Besar serta Balai Riset dan Standardisasi (Baristand) Industri dalam meningkatkan pelayanan kepada dunia usaha dengan memanfaatkan penerapan teknologi industri 4.0.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x