Jawab Keraguan Publik, KPU Pastikan Server Data Pemilu dan Sirekap Disimpan di Indonesia

- 20 Februari 2024, 11:01 WIB
Jawab Keraguan Publik, KPU Pastikan Server Data Pemilu dan Sirekap Disimpan di Indonesia
Jawab Keraguan Publik, KPU Pastikan Server Data Pemilu dan Sirekap Disimpan di Indonesia /Pikiran Rakyat/Abdul Muhaemin

POTENSI BISNIS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan bahwa seluruh data terkait Pemilu 2024, termasuk informasi dari Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap), tidak ditempatkan di luar negeri dan semua servernya berlokasi di Indonesia.

"Seluruh data Sirekap diproses dan disimpan dalam pusat data yang berada di Indonesia, sesuai dengan regulasi dan peraturan perundang-undangan," ungkap Komisioner KPU RI, Betty Epsilon Idroos kepada wartawan, Senin, 19 Februari 2024.

Baca Juga: Resep Biji Salak untuk Menu Takjil Ramadhan 2024

Betty menambahkan penjelasan bahwa KPU memanfaatkan CDN (Content Delivery Network) sebagai cara untuk mengakomodir kebutuhan server cloud yang skalabel dan memiliki sistem keamanan yang kuat.

"Untuk mengelola traffic yang tinggi, KPU mengimplementasikan CDN yang berfungsi sebagai loket-loket yang tersebar secara global di seluruh belahan dunia," tuturnya.

Baca Juga: SINOPSIS Cinta Tanpa Karena 20 Februari 2024, Minta Dipanggil Papa, Dipta Sedih Jawaban Putrinya Begini

Betty menyatakan bahwa Sirekap sudah diuji dan dievaluasi oleh institusi yang berkompeten, menjadikannya data yang dapat diakses publik. Dia juga menekankan bahwa Sirekap adalah sistem yang kompleks dengan kebutuhan komputasi yang canggih.

Baca Juga: Maraknya Dugaan Nikita Mirzani Promosikan Judi Online di Medsos, Polisi Turun Tangan Lakukan Penyelidikan

"Jadi dengan penerapan CDN, publik dapat mengakses portal publikasi Sirekap yang akan diarahkan ke CDN sehingga website akan memiliki kinerja lebih cepat via jaringan yang dimaksud," terangnya.***

Editor: Sihab Ulumudin

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x