Erupsi Gunung Ruang Mengancam, Waspada Tsunami!

- 30 April 2024, 16:26 WIB
Erupsi Gunung Ruang hari ini Selasa 30 April 2024.
Erupsi Gunung Ruang hari ini Selasa 30 April 2024. /PVMBG

POTENSI BISNIS - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memperingatkan penduduk sekitar Pulau Ruang untuk tetap waspada terhadap aktivitas Gunung Ruang.

Letaknya di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, membuat erupsi gunung tersebut berpotensi menciptakan tsunami yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

"Sampai saat ini belum kami cabut potensi kemungkinan terjadi tsunami akibat runtuhnya atau masuknya material Gunung Ruang ke dalam laut," kata Penyelidik Bumi Madya, Hetty Triastuty dalam konferensi pers pada Selasa 30 April 2024.

PVMBG sebelumnya telah mengeluarkan peringatan tsunami ketika status Gunung Ruang ditingkatkan menjadi awas setelah erupsi paroksimal pada 17 April 2024.

Baca Juga: Pemerintah Mengatur Penggunaan Pertalite dengan Kartu Khusus

Meskipun peringatan tersebut dicabut saat tingkat aktivitas menurun menjadi level siaga pada 22 April 2024, namun kembali diaktifkan saat aktivitas meningkat kembali.

"Sebelumnya waktu level siaga kami sudah hilangkan -peringatan tsunami-, tetapi semalam saat kami meningkatkan aktivitas itu dimasukkan kembali," ucap Hetty Triastuty.

Dalam status level awas saat ini, PVMBG merekomendasikan agar penduduk tidak memasuki wilayah radius tujuh kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Evakuasi juga disarankan bagi penduduk Pulau Tagulandang yang berada dalam radius tersebut.

Halaman:

Editor: Sihab Ulumudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah