Ridwan Kamil Cocok Jadi Cawapres Ganjar, Pengamat: Golkar Jadi Penghalang!

- 8 September 2023, 09:29 WIB
Kolase foto Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil
Kolase foto Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil /

POTENSI BISNIS - Pengamat Politik Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi menilai mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil cocok mendampingi bakal calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini dikarenakan Ridwan Kamil dinilai dapat mendongkrak suara Ganjar di Jawa Barat, wilayah dengan konsentrasi pemilih yang paling besar di Indonesia.

Baca Juga: Jurnal Sekar Ada di Tangan Arumi, Peluang Manfaatkan Identitas Tegar Tuk Barter dengan Mama Rosa, Ikatan Cinta

Menurut survei terbaru yang digelar Lembaga Survei Indonesia (LSI) awal Agustus lalu, mayoritas pemilih di Jabar terkonsentrasi pada bacapres Prabowo Subianto sekitar 39,2 persen dan Anies Baswedan 29,6 persen. Hanya sekitar 25,2 persen responden yang menyatakan bakal memilih Ganjar.

Jika ditandemkan, menurut Reza, pasangan Ganjar-Kang Emil juga klop lantaran kinerja keduanya tergolong baik dalam memimpin provinsi masing-masing. Hal itu tercermin dalam tingkat kepuasan publik terhadap Ganjar dan Kang Emil.

Meski demikian, Reza menilai tak mudah untuk meminang Kang Emil sebagai cawapres Ganjar. Pasalnya, Kang Emil saat ini sudah menjadi kader Golkar.

"Karena bagaimanapun juga basis politik suara Pak Ganjar utamanya berada di Jateng dan Jabar merupakan salah satu wilayah dengan konsentrasi pemilih yang paling besar di Indonesia. Jadi, mungkin itu menjadi pertimbangan," kata Reza dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Baca Juga: IKATAN CINTA 8 September 2023 Tidak Tayang: Review Praha Rumah Tangga Elsa-Devan Memanas, Tegar Lakukan Ini

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x