Presiden Jokowi Bicara Kenaikan Omzet, Pedagang Es, Kaki Lima dan Sayuran jadi Pendengarnya

- 30 Juli 2020, 08:38 WIB
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Kepala Staff Presiden Moeldoko (kanan) berpidato di sela pemberian bantuan modal kerja kepada pedagang kecil yang terdampak COVID-19 di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/7/2020).
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Kepala Staff Presiden Moeldoko (kanan) berpidato di sela pemberian bantuan modal kerja kepada pedagang kecil yang terdampak COVID-19 di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/7/2020). / ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/

POTENSI BISNIS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang pedagang kecil dan mikro ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, belum lama ini.

Di hadapan pedagang kecil dan mikro Jokowi mengklaim tingkat permintaan masyarakat terhadap barang konsumsi dan jasa sudah mulai pulih dan meningkat di Juni, Juli, dan akan berlanjut di Agustus 2020.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi kepada para pedagang kecil dan mikro yang diundang ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat ini. Para pedagang tersebut akan diberikan Bantuan Modal Kerja (BMK) oleh Presiden.

Beberapa pedagang yang hadir merupakan pelaku usaha skala kecil dan mikro, di antaranya pedagang yang setiap harinya berjualan sayuran, es, atau kudapan lainnya.

“Omzet memang turun karena memang permintaan yang menurun, tapi angka yang saya punya Juni 2020 sudah mulai naik, Insya Allah ini Juli, nanti Agustus juga akan naik lebih tinggi lagi, sehingga kita harapkan normal kembali, sehingga omzet bapak ibu normal kembali,” kata Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan di halaman Istana Kepresidenan Bogor itu, pedagang yang diundang Presiden Jokowi adalah pedagang yang setiap harinya berjualan secara keliling, pedagang kaki lima, dan pedagang yang memiliki skala produksi rumahan.

Presiden Jokowi ingin memberitahukan kepada para pedagang bahwa ada peluang kenaikan omzet saat ini dan beberapa waktu ke depan.

Pulihnya permintaan diharapkan dapat meringankan beban pedagang kecil dan mikro, setelah mereka tertekan karena menurunnya pendapatan di tengah situasi pandemi COVID-19.

Presiden juga memberikan bantuan modal kerja sebesar Rp2,4 juta kepada masing-masing pedagang. Total, bantuan modal kerja itu akan diberikan kepada 12 juta pedagang kecil dan mikro di Tanah Air.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x