Ikuti Diklat PIP, BPIP Berharap TNI Polri Dapat Menjadi Duta Penggerak Pancasila

- 23 November 2022, 09:11 WIB
Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Dr. Baby Sitisalamah M. Psi. psikolog saat membuka acara PIP yang digelar BPIP di Kendari, Sulawesi Tenggara./
Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Dr. Baby Sitisalamah M. Psi. psikolog saat membuka acara PIP yang digelar BPIP di Kendari, Sulawesi Tenggara./ /Dok.PRMN/

POTENSI BISNIS - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) berharap para anggota TNI/Polri menjadi duta penggerak pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Melalui diklat Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) yang diselenggarakan bagi TNI/Polri di Kendari, Sulawesi Tenggara sebagai tujuan untuk menginternalisasi, mengeksternalisasi, dan mengobjektifikasi nilai-nilai Pancasila.

Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Dr. Baby Sitisalamah M. Psi. psikolog mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk untuk meningkatkan kompetensi anggota TNI dan Polri dalam meliputi aspek pengetahuan, nilai, dan tindakan.

Dia mengatakan, aspek pengetahuan yang dimaksud merupakan pengetahuan yang baik dan benar tentang sejarah, arti, isi/muatan, fungsi, kedudukan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“bukan hanya aspek pengetahuan saja tapi, ada juga aspek nilai yaitu mampu memaknai, merefleksikan dan menghargai nilai-nilai Pancasila sehingga memiliki semangat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila," jelasnya saat membuka kegiatan diklat PIP bagi TNI Polri, Senin, 21 November 2022.

Baby mengaku, Pancasila merupakan ideologi bangsa dan negara kesatuan konsensus yang disepakati para pendiri bangsa.

Dia mengaku, bahwa pendiri bangsa sepakat menanggalkan identitas primordial dan melebur ke dalam identitas ke-Indonesiaan dengan Pancasila sebagai tali pengikatnya.

“Aparatur Negara yang terdiri atas Aparatur Sipil Negara, TNI, dan Polri merupakan garda terdepan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila," jelasnya.

Baby menjelaskan bahwa diklat yang dijalankan oleh TNI dan Polri tersebut sudah sesuai dengan Peraturan BPIP Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pendidikan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila, selama 32 jam pelatihan.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x