Keren, Konten Kreator di Bali Kolaborasi Bersama BPIP Bumikan Pancasila

- 5 September 2022, 20:30 WIB
Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok Oka Sukawati berterima kasih kepada BPIP sudah mengajak generasi muda untuk berkolaborasi dalam pembumian Pancasila.
Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok Oka Sukawati berterima kasih kepada BPIP sudah mengajak generasi muda untuk berkolaborasi dalam pembumian Pancasila. /Dok.BPIP

POTENSI BISNIS - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIB), Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengajak ratusan pelaku konten kreator untuk meningkatkan kreativitasnya dalam konten-konten positif yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Hal tersebut disampaikannya dalam gelaran Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Generasi Muda khususnya yang bekreativitas dalam media digital atau konten kreator di Provinsi Bali, Selasa, 30 Agustus 2022.

Menurut Yudian, Pancasila sebagai sesanti Bhinneka Tunggal Ika merupakan sebuah pola dasar ke-Indonesiaan.

"Pola dasar itu terbentuk dari akar budaya dan kesejarahan melalui masa yang panjang yang dipelihara melalui jaring-jaring konektivitas lintas budaya, lintas iman dan kepercayaan, lintas golongan, lintas ideologi, hingga lintas wilayah," ujarnya saat membuka acara.

Pancasila dirumuskan sebagai dasar dan tuntutan bernegara melalui upaya penggalian, penyerapan, kontekstualisasi, rasionalisasi, dan aktualisasinya yang bertujuan menopang tradisi, kebiasaan, dan semangat kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

"Suatu hari Bung Karno pernah mengatakan, bahwa kita sekarang (pasca kemerdekaan) berada dalam tingkatan kedua dari Revolusi yaitu tingkatan Nation Building," ujarnya.

Ia mengajak kepada generasi muda untuk berjuang bersama-sama dalam membina bangsa sesuai dengan bidangnya berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

"Pada tingkatan ini kita berjuang bersama dalam membina sebuah bangsa, oleh karena itu, dibutuhkan sebuah gerakan bersama yang bertumpu pada semangat nasionalisme dan Pancasila," tegasnya.

Foto bersama peserta Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Generasi Muda khususnya yang bekreativitas dalam media digital atau konten kreator di Provinsi Bali./
Foto bersama peserta Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Generasi Muda khususnya yang bekreativitas dalam media digital atau konten kreator di Provinsi Bali./ Dok.BPIP

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x