Waspada! BMKG Ingatkan Ancaman Tsunami Setinggi 10 Meter di Selatan Pulau Jawa, Hati-Hati Warga Cilacap

- 30 Juli 2022, 07:29 WIB
Ilustrasi tsunami. Dwikorita Karnawati selaku Kepala BMKG mengatakan bahwa akan ada potensi tsunami dengan ketinggian lebih dari 10 meter di pantai Cilacap.
Ilustrasi tsunami. Dwikorita Karnawati selaku Kepala BMKG mengatakan bahwa akan ada potensi tsunami dengan ketinggian lebih dari 10 meter di pantai Cilacap. /Pexels/GEORGE DESIPRIS/

 

POTENSI BISNIS – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat tentang ancaman gempa bumi dan tsunami di sepanjang selatan Pulau Jawa.

BMKG juga meminta Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk terus meningkatkan kesiagaan demi mengantisipasi hal terburuk.

Dwikorita Karnawati selaku Kepala BMKG mengatakan bahwa akan ada potensi tsunami dengan ketinggian lebih dari 10 meter di pantai Cilacap.

Baca Juga: Ikatan Cinta 30 Juli 2022: Siena Gagal Bertemu Andin, Kekasih Sal Makin Terpengaruh oleh Elsa

Dwikorita Karnawati juga menjelaskan jika Cilacap berada di garis pantai Selatan Jawa yang menghadap langsung ke zona tumbukan lempeng antara lempeng Samudera Hindia dengan Lempeng Eurasia.

“Dari hasil pemodelan tsunami dengan skenario terburuk, dikhawatirkan berpotensi tsunami dengan ketinggian lebih dari 10 meter di pantai Cilacap, sebagai akibat dari gempa bumi dengan kekuatan M=8,7 pada zona megathrust dalam tumbukan lempeng tersebut,” kata Dwikorita Karnawati dikutip PotensiBisnis.com dari laman resmi BMKG, 27 Juli 2022.

Baca Juga: IKATAN CINTA Hari Ini 30 Juli 2022: Susul Sal ke Pondok Pelita, Begini Reaksi Siena Saat Bertemu Andin

Skenario yang di sampaikan Dwikorita Karnawati bukanlah ramalan, tetapi merupakan hasil kajian ahli dan pakar kegempaan.

Halaman:

Editor: Muhammad Sadili

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x