Gunung Anak Krakatau Masih Berstatus Siaga Level III

- 27 April 2022, 11:39 WIB
Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda hingga kini masih berstatus Siaga Level III dengan radius 5 kilometer dan kawah aktif./
Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda hingga kini masih berstatus Siaga Level III dengan radius 5 kilometer dan kawah aktif./ /Magma Indonesia PVMBG Kementerian ESDM/

POTENSI BISNIS - Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda hingga kini masih berstatus Siaga Level III dengan radius 5 kilometer dan kawah aktif.

Penetapan status Siaga Level III dari sebelumnya Waspada Level ii oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Geologi ESDM pada 24 April 2022.

Namun, hingga kini Gunung Anak Krakatau masih tetap berstatus Siaga Level III, sehingga masyarakat pesisir pantai barat Provinsi Banten waspada terkait potensi tsunami.

Baca Juga: Badan Geologi Terus Memantau Material Gunung Anak Krakatau yang Berpotensi Memicu Tsunami

"Kami minta nelayan, warga maupun wisatawan tidak boleh mendekati kawah aktif," kata Petugas Posko Pemantauan Gunung Anak Krakatau, Jumono di Pasauran Kabupaten Serang, Banten, dikutip dari ANTARA pada Rabu, 27 April 2022.

Berdasarkan pengamatan Selasa, 26 April 2022 cuaca Perairan Selat Sunda cuaca cerah, berawan, mendung dan hujan.

Angin bertiup lemah ke arah timur laut dan timur. Suhu udara 26-31 derajat Celcius, dan kelembaban udara 74-71 persen.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Level 3, BMKG Imbau Seluruh Pengelola Usaha, Pemda hingga Masyarakat Siaga

Kondisi Gunung Anak Krakatau jelas hingga kabut 0-III juga asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 20-50 m di atas puncak kawah.

Ombak laut tenang dan secara visual CCTV siang teramati asap putih tipis-sedang tinggi lk 25-40 m malam hari teramati sinar api tinggi lk 25 m.

Sedangkan, aktivitas kegempaan hembusan sebanyak 9, dengan amplitudo 10-34 mm, durasi 27-78 detik.

Low frekuensi 6, amplitudo 20-45 mm, durasi 6-17 detik.

Baca Juga: Bupati Bogor Ade Yasin Ditangkap KPK atas Kasus Dugaan Suap

Vulkanik dangkal sebanyak 4, amplitudo 12-17 mm, durasi 7-16 detik dan vulkanik dalam 4, amplitudo 26-46 mm, S-P 1.4-1.2 detik, durasi 15-17 detik.

Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 2-38 mm (dominan 3 mm).

Dengan demikian, kondisi Gunung Anak Krakatau hingga kini masih bertastus Siaga Level III.

"Kami tetap merekomendasikan pengunjung maupun nelayan radius 5 kilometer dari kawah aktif Gunung Anak Krakatau," ucapnya.***

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x