Kepala BIN Papua Gugur Ditembak KKB, Pelaku Diduga Kelompok Lekagak Telenggen

- 26 April 2021, 02:03 WIB
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. didampingi Ketua Persit KCK PD XVII/Cenderawasih Ny. Natalia Yogo Triyono, melaksanakan kunjungan kerja
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. didampingi Ketua Persit KCK PD XVII/Cenderawasih Ny. Natalia Yogo Triyono, melaksanakan kunjungan kerja /Dokumen HUMAS TNI
 
 
POTENAI BISNIS – Indonesia kembali berduka, sebelumnya 53 prajurit terbaik TNI gugur di perairan Bali, kali ini Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha gugur ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB).
 
Informasi tersebut disampaikan oleh Panglima Kodam XVII Cendrawasih, Mayjen Ignatius Yogo Triyono.
 
Menurut Ignatius, peristiwa naas tersebut terjadi pada Minggu, 25 April 2021 sekitar 15.30 sore WIT di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.
 
 
Ignatius mengatakan, saat ini jenazah korban masih berada di Boega. Pihaknya saat ini belum bisa melakukan upaya evakuasi.
 
"Jenazah masih di Beoga, ini masih kami monitor terus, rencana besok dievakuasi," kata Ignatius yang dikutip PotensiBisnis.com dari Antara, 25 April 2021.
 
Terpisah, Kapolsek Beoga, Ipda Ali Akbar menambahkan, saat ini jenazah korban berada di Puskesmas Beoga.
 
 
Upaya evakuasi tidak bisa langsung dilakukan lantaran faktor cuaca yang tidak memungkinkan untuk dilakukan penerbangan ke Timika.
 
"Sudah terlalu sore, pesawat sudah tidak berani masuk. Rencananya evakuasi besok jam enam pagi pakai Helikopter Caracal punyanya TNI," kata Ali Akbar.
 
Panglima Kodam XVII/Cendrawasih, Mayjen Ignatius Yogo Triyono mengatakan, pelaku penembakan itu diketahui merupakan anggota KKB pimpinan Lekagak Telenggen.
 
 
"Dari laporan yang saya terima pelaku penembakan terhadap korban berasal dari kelompok Lekagak Telenggen," terangnya.
 
Jenazah korban saat ini sudah berada di Beoga dan Senin, 26 April 2021 rencananya akan dievakuasi ke Timika.
 
“Memang benar jenazah korban akan dievakuasi ke Timika yang selanjutnya Senin sore diterbangkan ke Jakarta,” kata Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius.
 
Pangdam TNI Ignatius mengungkapkan korban bersama tujuh anggota menggunakan empat sepeda motor, Minggu pagi sekitar pukul 09.20 WIT ke Kampung Dambet, yang sebelumnya sempat diserang KKB dengan membakar rumah warga serta fasilitas pendidikan termasuk perumahan guru.
 
Insiden pembakaran di Kampung Dambet terjadi Sabtu, 17 April 2021 menyebabkan rumah Kepala Suku Eber Tinal ludes terbakar.
 
Kontak tembak yang menewaskan Ka Binda Papua terjadi sekitar pukul 15.50 WIT dan jenazah baru dapat dievakuasi dan tiba di Beoga sekitar pukul 18.30 WIT.
 
Namun, kejadian penembakan terhadap Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugrah tersebut belum diketahui secara detail.
 
Mayjen Ignatius mengaku, belum mendapat informasi lengkap mengenai kronologis kejadian.
Jaringan komunikasi yang masih sangat minim membuat akses informasi dari Beoga sulit didapat.
 
Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen Ignatius Yogo Triyono berencana besok akan berangkat ke Mimika untuk memonitor.***

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x