Pemrov Sumbar Terima Saran dari Kepala BNPB untuk Buat Perda Ekosistem Laut

- 15 April 2021, 15:58 WIB
Ilustasi kehidupan bawah laut
Ilustasi kehidupan bawah laut /visavietnam/pixabay

POTENSI BISNIS - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyampaikan, kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Padang atau Pemprov Sumbar agar membuat peraturan daerah.

Doni menyarankan, agar peraturan dibuat terkait penjagaan ekosistem laut untuk menjaga daerah di pesisir pantai dari ancaman abrasi.

"Pemerintah pusat melalui BNPB telah membangun batu grip penahan gelombang pengaman Pantai Padang dari abrasi dengan anggaran Rp19 miliar atas usulan Pemkot Padang dan Pemprov Sumbar," ujat Doni saat melakukan kunjungan ke Pantai Padang di kawasan Tugu Merpati Perdamaian yang sebelumnya dihantam abrasi bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni di Padang, Kamis, 15 April 2021, dilansir dari ANTARA News.

Baca Juga: Soal Penembakan Enam Laskar FPI, Polri Lakukan Pemeriksaan 2 Orang Anggotanya

Menurut Doni, adanya batu grip sebagai penahan gelombang masih belum cukup, perlu ada peraturan daerah atau peraturan gubernur untuk menjaga ekosistem pantai dan laut.

Di samping itu, Doni juga menceritakan kenangan masa kecilnya saat menempuh pendidikan SMP dan SMA di Padang yang ketika itu kerap bermain-main di Pantai Padang.

"Dulu waktu saya SMP dan SMA masih ada puluhan meter Pantai Padang, sekarang sudah habis dan garis pantai habis sama sekali mencapai pinggir jalan karena abrasi," ujarnya.

"Sudah dipasang batu grip ke arah laut, ternyata habis setelah 30 tahun dan ketika hari ini dibangun lagi batu grip paling lama bisa bertahan hanya 30 tahun juga," kata Doni.

Baca Juga: Dituding Pamer, Atta Lontarkan Balasan dan Bela Aurel Sang Istri: Mencampuri Hidup Orang Tanpa Tahu Ceritanya

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x