Akibat Pagebluk, Unpad Targetkan jadi Hibrid University Pada 2021

- 9 April 2021, 20:02 WIB
Imbas Corona, Unpad fokus jadi Hibrid university pada 2021.
Imbas Corona, Unpad fokus jadi Hibrid university pada 2021. /twitter unpad/

POTENSI BISNIS - Universitas Padjadjaran mencanangkan diri menjadi universitas hibrid pada 2021. Hal itu diungkapkan Rektor Unpad Rina Indiastuti saat menggelar silaturahmi dan sinergi dengan Majelis Wali Amanat dan Senat Akademik secara virtual, Jumat, 9 April 2021.

Menurut Rina, dalam setahun terakhir terjadi transformasi dari sistem pembelajaran di Unpad. Semula, pembelajaran dilakukan secara tatap muka, tapi ketika wabah Covid-19 mulai merajalela, alhasil secara darurat pembelajaran pun dilakukan secara daring.

Setelahnya, kata dia, pembelajaran di Unpad itu beralih menjadi sistem pembelajaran hibrid dimana memadukan antara tatap muka dan daring.

Baca Juga: Pemumuman SNMPTN Resmi Dibuka, 1.512 Peserta Lolos Masuk Unpad

“Intinya kita akan shifting, dari pembelajaran full tatap muka, kemudian di 3 bulan pertama pandemi darurat online, ke hybrid sungguh-sungguh. Harus sungguh-sungguh karena output dan outcome-nya tidak main-main,” ujar Rina dikutip dari laman resmi Unpad.

Menurutnya, dikatakan hibrid lantaran sistem pembelajaran akan mengombinasikan metode tatap muka dengan daring. Ia meyakini, pembelajaran tatap muka tetap diperlukan karena menghasilkan pengalaman pembelajaran yang tidak tergantikan. Aktivitas diskusi, praktikum, pembahasan kasus dan proyek tidak bisa dihilangkan lewat virtual.

Sementara itu, untuk akses pengetahuan, teori, hingga materi pembelajaran bisa dilakukan melalui metode pembelajaran daring.

Rina mengatakan melalui hybrid university, sistem kelas juga bisa dikembangkan ke arah flipped classroom. Artinya, kata dia, dalam satu kelas, mahasiswa yang hadir mengikuti perkuliahan tatap muka berjumlah separuh dari total mahasiswa. Sisanya bisa mengikuti perkuliahan melalui daring.

Baca Juga: Delapan Orang dari Kepolisian Direkrut KPK, Ini Posisi yang Ditempati

Halaman:

Editor: Babah Pram

Sumber: Unpad.ac.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x