Kabar Duka, Penulis Cum Aktivis Asal Mesir Nawal El Saadawi Wafat

- 22 Maret 2021, 01:17 WIB
Nawal El Saadawi
Nawal El Saadawi /Twitter.com/@NawalElSaadawi1

 

POTENSI BISNIS - Novelis sekaligus aktivis feminis legendaris Mesir, Nawal El Saadawi menghembuskan nafas terakhirnya di Kairo, Mesir, Minggu, 21 Maret 2021. Saadawi meninggal dunia di usai 89 tahun.

Dilansir dari laman egyptianstreets.com, Senin, 22 Maret 2021, kondisi Saadawi terus mengalami penurunan. Saadawi sempat mengalami kritis saat dirawat di sebuah rumah sakit di Mesir.

Saadawi sering diidentikan dengan sosok feminis asal Prancis Simone de Beauvoir. Tak ayal banyak yang menyebut Saadawi sebagai "Simone de Beauvoir dari dunia Arab". Tak jarang juga pengagumnya menyebut Saadawi sebagai "putri Isis".

Baca Juga: Umat Islam Indonesia Kembali Berduka, Habib Musthofa bin Jafar Assegaf Wafat

Baca Juga: Kabar Duka Rina Gunawan Meninggal Dunia, Sang Manajer Membenarkan Hal Itu

Saadawi dikenal sebagai aktivis perempuan yang sangat keras menyuarakan ihwal kesetaraan gender dan posisi perempuan dalam Islam.

Selain itu, ia pun sangat lantang mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintahan Mesir di bawah kekuasaan Hosni Mubarak. Saadawi menyoroti pelanggaran HAM yang dilakukan oleh rezim Mubarak.

Saadawi pun merupakan seorang penulis yang cukup produktif. Semasa hidupnya, perempuan berdarah Mesir itu sudah menulis lebih dari 55 buku.

Baca Juga: Kisah Isra Miraj: Terdapat Tahun Kesedihan bagi Nabi Muhammad SAW Setelah Ditinggal Wafat Kedua Orang Ini

Halaman:

Editor: Babah Pram

Sumber: Egyptianstreets.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x