Terjadi 57 Kali Gempa Tremor, Aktivitas Vulkanik Gunung Raung Jawa Timur Meningkat

- 24 Januari 2021, 10:35 WIB
Kondisi Terkini Gunung Raung. Aktivitas Vulkanik Gunung Raung Jawa Timur Meningkat
Kondisi Terkini Gunung Raung. Aktivitas Vulkanik Gunung Raung Jawa Timur Meningkat /BNPB

POTESNSIBISNIS – Memasuki awal tahun 2021, beberapa status resiko erupsi gunung api di Indonesia dilaporkan mulai naik dalam beberapa hari terakhir.

Aktivitas vulkanik Gunung Raung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, terus meningkat, hari ini, Sabtu, 23 Januari 2021.

Dalam kurun waktu beberapa jam terakhir terekam sebanyak puluhan gempa tremor dan belasan kali gempa hembusan yang terjadi.

 Baca Juga: Melalui KPKNL KPK akan Lelang Sejumlah Barang pada 26 Januari, Cek lelang.go.id

Dengan seiring semburan asap berwarna kelabu membumbung setinggi lima ratus meter, yang condong ke arah timur dan timur laut mengikuti arah angin.

Kemudian ada semburan asap yang berwarna kelabu membumbung setinggi 500 meter yang condong ke arah timur laut mengikuti arah angin.

Adapun sekarang aktivitas vulkanik Gunung Api Raung dalam status waspada level dua, hingga Sabtu masih mengalami erupsi pada skala kecil.

Baca Juga: #UninstallWhatsApp Trending di Twitter, Ini 5 Meme Kocak Warganet Soal WhatsApp

Berdasarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada pos pengamatan Gunung Api Raung yang berada di lokasi di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, telah melaporkan, terjadinya gempa tremor sebanyak 57 dan 13 kali gempa hembusan.

Halaman:

Editor: Muhammad Sadili

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x