Gunung Merapi dan Gunung Semeru Meletus: Ketahui Tanda-tanda hingga Penyebabnya Berikut Ini

- 19 Januari 2021, 09:41 WIB
Aktivitas Gunung Merapi meningkat, tanda-tanda dan penyebab meletus.*
Aktivitas Gunung Merapi meningkat, tanda-tanda dan penyebab meletus.* /Instagram @bpptkg


POTENSIBISNIS - Pertanda gunung akan meletus perlu diketahui, termasuk tanda-tanda Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Meletusnya Gunung Semeru dikabarkan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang erupsi pada Sabtu, 16 Januari 2021 sekitar pukul 17.24 WIB.

Seperti diketahui, erupsi Gunung Semeru meluncurkan awan panas dengan jarak 4,5 kilometer ke daerah Sumber Mujur dan Curah Koboan.

Baca Juga: Roy Suryo Ungkap Sumber Suara Teriakan Minta Tolong saat Pencarian Korban Sriwijaya Air SJ182

Sebelumnya, terlebih dahulu Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tangah dan D.I Yogyakarta meluncurkan awan panas hingga lava pijar.

Hingga saat ini, Selasa, 19 Januari 2021 aktivitas Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas sejauh 1,8 kilometer dan guguran lava pijar.

Hal tersebut berdasarkan laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologo Kegempaan Geologi (BPPTKG) yang menyebutkan, awan panas guguran terjadi sekitar pukul 02.27 WIB.

Baca Juga: 3 Jenis Bansos yang Bisa Didapat Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

Bencana alam seperti gunung meletus tentunya kita semua tak akan pernah pasti kapan akan terjadi.

Kendati begitu, akan ada tanda-tanda gunung tersebut jika akan meletus, agar manusia dapat lebih wasapada dan siaga, dehingga dapat mengevakuasi diri, keluarga, binatang ternak, dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah