BPDB Himbau Warga Waspada Semburan Awan Panas dan Guguran Lava Gunung Semeru

- 17 Januari 2021, 09:50 WIB
Letusan Gunung Semeru
Letusan Gunung Semeru /PMJ News

POTENSIBISNIS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mengimbau masyarakat sekitar Gunung Semeru untuk tetap waspada terhadap semburan awan panas serta guguran lava akibat erupsi Gunung Semeru.

Menurut Keterangan Yanuar Rachmadi selaku Plt Kalaksa Badan BPDB Jawa Timur, warga diminta untuk tidak panik dan waspada apabila terjadi erupsi susulan.

"Kami juga meminta warga tidak panik, namun tetap waspada terhadap awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru," ujar Yanuar Rachmadi, dikutip PotensiBisnis.com dari PMJ News, Sabtu malam, 16 Januari 2021.

Baca Juga: BNPB Dukung Penanganan Banjir Kalimatan Selatan dengan Kerahkan Personil TRC

"Warga juga harus waspada jika terjadi gejala erupsi susulan," imbaunya lagi.

Seperti yang diketahui bahwa Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang meletus lagi, pada Sabtu (16/1/2021) sore sekitar pukul 17.24 WIB. Erupsi kali ini ditandai dengan semburan abu setinggi 4,5 Km ke arah Timur Laut, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

Akibat letusan tersebut warga dihimbau untuk tidak beraktivitas di radius 1 km dari kawah Gunung Semeru, dan 4 km arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara.

Baca Juga: BNPB Serahkan Bantuan Operasional Total Rp4 Miliar untuk Gempa Bumi Sulbar

Imbauan ini disampaikan untuk mengantisipasi jatuhnya korban akibat letusan Gunung Semeru.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x