Masih Siaga! Gunung Merapi 36 Kali Keluarkan Guguran Lava Pijar

- 17 Januari 2021, 12:29 WIB
Guguran lava terlihat dari Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (17/1/2021). Menurut data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) aktivitas seismik Gunung Merapi menurun sehingga probabilitas letusan bersifat efusif dengan potensi bahaya berupa guguran lava dan awan panas yang mengarah Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc.
Guguran lava terlihat dari Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (17/1/2021). Menurut data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) aktivitas seismik Gunung Merapi menurun sehingga probabilitas letusan bersifat efusif dengan potensi bahaya berupa guguran lava dan awan panas yang mengarah Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc. /Hendra Nurdiyansyah/Antara Foto

POTENSIBISNIS - Aktivitas vulkanik Gunung Merapi membuat statusnya dalam tingkat siaga. Minggu, 17 Januari 2021, terpantau sebanyak 36 kali meluncurkan lava pijat dengan jarak luncur maksimum 1,5 km. 

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) juga dari hasil pantauannya terlihat awan panas.

Itu terjadi pada sektor Selatan-Barat Daya meliputi sungai Boyonh, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal lima kilometer.

Baca Juga: Tips Mengecek Pengajuan BLT BPJS Ketenagakerjaan Termin 3 Tahun 2021 Bisa Cair, Lakukan Langkah Ini

Baca Juga: Pemeran Mak Lampir Misteri Gunung Merapi, Farida Pasha Meninggal Dunia Sebab Covid-19

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius tiga kilometer.

Gunung Merapi yang berlokasi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, sehari sebelumnya juga teramati mengeluarkan 20 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1000 meter ke Barat Daya.

Hingga semalam gunung Merapi masih mengeluarkan lava panasnya.
Dari laporan yang diunggah melalui akun Twitter @BPPTKG pengamatan guguran dan awan panas gunung Merapi tanggal 16 Januari 2021 pukul 18.00-24.00 WIB.

Baca Juga: Soal Ramalan Mbak You, Muannas Sentil Benny K Harman: Peramal kok Dibela, Mana Ramalannya Direvisi

Halaman:

Editor: Muhammad Sadili

Sumber: Twitter BPPTKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x