Informasi Gunung Merapi Hari Ini, BPPTKG Sebut Aktivitas Seismik Masih Tinggi Potensi Erupsi Kembali

- 4 Desember 2020, 21:23 WIB
PANTAUAN Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi.
PANTAUAN Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi. /Dok. BPPTKG/


POTENSIBISNIS - Balai Penyidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan, bahwa aktivitas seismik Gunung Merapi masih tinggi.

Gunung Merapi yang berada dilokasi perbatasan Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta itu, berdasarkan periode pengamatan 27 November - 3 Dsember 2020.

Hal itu disampaikan Kepala BPPTKG, Hanik Humaida saat menyampaikan penjelasan terkait aktivitas Gunung Merapi secara virtual.

Baca Juga: Jadwal Liga Spanyol Akhir Pekan: Sevilla vs Real Madrid, Barcelona hingga Atletico Madrid

Baca Juga: Klasemen Liga Inggris: Liverpool Intip Pertarungan Derby London Utara Tottenham vs Arsenal

"Secara mingguan data ini sedikit menurun, namun ini masih dalam nilai yang fluktuatif tinggi," kata Hanik, pada Jumat 4 Desember 2020, dilansir ANTARA.

Menurutnya, penurunan aktivitas seismik itu, antara lain ditunjukkan dengan perbandingan intensitas kegempaan di Gunung Merapi yang relatif lebih rendah dari pengamatan pada pekan sebelumnya.

Berikut data pengamatan periode tersebut

Gempa Vulkanik Dangkal 236 kali sebelumnya 277 kali

Gempa Fase Banyak 2.128 kali sebelumnya 2.464 kali

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x