Tim TRC BPBD Sebut Ada Longsoran Baru di Puncak Gunung Merapi Berdasarkan Pantauan Udara

- 28 November 2020, 10:43 WIB
KAWAH Gunung merapi.
KAWAH Gunung merapi. /Pixabay/

POTENSIBISNIS - Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Porvinsi D.I Yogyakarta memantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi melalui udara.

Hal itu dilakukan bersama a Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan menggunakan helikopter, dan hasilnya menemukan banyak longsoran baru di puncak Gunung Merapi pada Jumat.

Kegiatan tersebut dilakukan guna memonitoring wilayah untuk kemudian dapat diambil langkah lebih lanjut, dalam kaitan mitigasi kebencanaan bagi masyarakat, yang tinggal di bantaran sungai dengan aliran airnya berhulu di lereng Gunung Merapi.

Baca Juga: GP Ansor & Banser Bergerak, Gus Yaqut Beri Peringatan ke Pemecah Belah Bangsa, Siapa yang Dimaksud?

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini, Sabtu 28 November 2020

"Bagi kami, sebagai bahan evaluasi untuk mitigasi masyarakat di bantaran sungai yang berhulu di lereng Gunung Merapi," kata Koordinator Bidang Operasi TRC BPBPD D.I Yogyakarta, Endro Sambodo dalam keterangan pers BNPB.

Menurutnya, hasil monitoring melalui udara tersebut ada banyak material longsoran baru dari puncak Gunung Merapi tersebut.

"Secara sekilas, terdapat banyak material longsoran baru. Longsoran mengarah ke lereng Gunung Merapi, yang secara dominan menuju ke barat dan barat daya," kata dia.

Baca Juga: Tinju Mike Tyson vs Roy Jones Jr: Naik Ring Lagi, Ini Penghasilan Si Leher Beton Dalam Semalam

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x