Prakiraan Cuaca Hari Ini, Rabu 25 November 2020: Beberapa Wilayah Diprediksi Hujan Petir dan Angin

- 25 November 2020, 14:56 WIB
logo BMKG
logo BMKG /bmkg.go.id

POTENSIBISNIS – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi peringatan dini cuaca ekstrem, Rabu 25 November 2020.

Dikutip dari laman resmi bmkg.go.id, diprediksi terdapat beberapa wilayah berpotensi hujan petir dan angin kencang yang tersebar di beberapa wilayah Indoneaia.

Sirkulasi siklonik akan terjadi di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera (925-700mb), di perairan Barat Aceh (925-800mb), dan Selat Malaka (925-900mb). Kondisi inilah yang membentuk konvergensi yang memanjang dari Laut Natuna hingga Laun Andaman.

Baca Juga: Edhy Ditangkap KPK, Ini Perintah Prabowo

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di Laut Sulawesi (925-900mb) dan di perairan Utara Maluku Utara (925-700mb) yang membentuk konvergensi memanjang dari Kalimantan Utara hingga Sulawesi Tengah, di Kalimantan Barat, di Filipina bagian Selatan, dan Laut Sulu.

Derah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Jambi, dari Bengkulu hingga Selat Karimata, di Jawa Barat bagian Selatan, di Jawa Tengah hingga Jawa Timur, di NTT, di NTB, dari Selat Makasar hingga Sulawesi Tenggara, dan dari Maluku hingga Papua Barat.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang adalah:

Baca Juga: Usai Menteri KKP Edhy Prabowo di OTT KPK, Ini Komentar Dedi Mulyadi hingga Mahfud MD

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x