Gagal Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2022, PSSI Ungkap Nasib Shin Tae-yong

- 11 Juli 2022, 11:49 WIB
selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak gol ke gawang Myanmar di laga Piala AFF U-19 2022. Gagal Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2022, PSSI Ungkap Nasib Shin Tae-yong./
selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak gol ke gawang Myanmar di laga Piala AFF U-19 2022. Gagal Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2022, PSSI Ungkap Nasib Shin Tae-yong./ /

POTENSI BISNIS - Tim Nasional U-19 Indonesia gagal melenggang ke babak selanjutnya di Piala AFF U-19 2022.

Padahal, Timnas Indonesia U-19 sukses membungkam 5-1 Myanmar di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia tak dapat lolos ke empat besar lantaran pertandingan lain Grup A yakni Vietnam vs Thailand berakhir imbang 1-1, dan Indonesia kalah head to head.

Baca Juga: MotoGP 2022: Marc Marquez Disarankan Ubah Gaya Balap Seiring Menua

Dengan demikian, dua tim Grup A yang lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022 yakni Vietnam sebagai juara grup dan Thailand runner-up.

Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan memastikan posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia U-19 meski gagal membawa anak asuhnya lolos dari fase grup.

"Shin masih terus (melatih) karena kami melihat perkembangan anak-anak luar biasa," kata Iriawan, dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Tes Psikologi: Pilih Satu Gambar Pintu Ini, Terungkap Apa Sebenarnya Penghambat Hidup dan Ketakutan Anda

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, meski tak lolos ke semifinal, timnas Indonesia U-19 menunjukkan performa bagus di Piala AFF U-19 2022.

Dari lima laga, Indonesia tak pernah kalah dan meraup tiga kemenangan di babak penyisihan Grup A.

Tim yang berjuluk Garuda Nusantara itu juga menjadi skuad tersubur turnamen dengan membuat total 17 gol dan hanya kebobolan lima gol.

"Di luar dugaan, ketika pemain cadangan dimainkan, ternyata kualitasnya hampir sama dengan pemain ini."

Baca Juga: Andin dan Reyna Dilindungi Sal Pradipta, Ricky Nekat Peras Elsa demi Hal Ini di Ikatan Cinta 11 Juli 2022

"Berarti Shin Tae yong betul-betul mempunyai talenta luar biasa. Anak-anak juga memiliki chemistry dengan dia," ucapnya.

Akan tetapi, torehan apik tak cukup untuk mengantarkan Indonesia ke semifinal karena kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand.

PSSI mengaku terganggu dengan skor imbang 1-1 antara Vietnam dan Thailand, dan dianggap tanpa niat mencetak gol setelah kondisi sama kuat.

Padahal, andai Vietnam dan Thailand saling mengalahkan, Indonesia bakal mengunci satu tempat di semifinal Piala AFF U-19 2022.

"Untuk kelolosan ke semifinal, memang ada regulasi yang mengatur. Namun apa yang dilakukan Vietnam dan Thailand, seharusnya tidak boleh mengingat mereka tim besar," kata dia.

Terakhir kali Garuda Nusantara gagal lolos dari fase Grup Piala AFF U-19 terjadi pada tahun 2016 silam.***

 

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x