MotoGP 2022: MGPA Targetkan Pengaspalan Ulang Trek Mandalika Selesai dengan Cepat

- 3 Maret 2022, 14:05 WIB
MotoGP 2022: MGPA Targetkan Pengaspalan Ulang Trek Mandalika Selesai dengan Cepat/
MotoGP 2022: MGPA Targetkan Pengaspalan Ulang Trek Mandalika Selesai dengan Cepat/ / instagram @sirkuit_mandalika_id/tangkapan layar instagram @sirkuit_mandalika_id

POTENSI BISNIS - Jelang perhelatan MotoGP 2022, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) optimistis proses pengaspalan ulang akan rampung sesuai target.

Pihak MGPA menargetkan pengaspalan ulang Sirkuit Pertamina Mandalika selesai pada 10 Maret mendatang di saat lintasan balap di Lombok, NTB itu berbenah jelang gelaran MotoGP 2022.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengatakan, proses pembenahan lintasan sudah dimulai setelah sebelumnya alat-alat berat didatangkan ke Mandalika.

Baca Juga: MotoGP 2022: Ini Alasan Presiden Jokowi Kurangi Jumlah Penonton di Sirkuit Mandalika, NTB

"Hari ini, sudah berlangsung simulasi atau uji coba kimia pengikat dicampur dengan aspal dan kerikil. Pengaspalan ulang akan dilakukan pada 4-8 Maret. Sementara pengecatan dilaksanakan 9 Maret," kata Pribadi, dikutip dari ANTARA, pada Kamis, 3 Maret 2022.

Sebelumnya, Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP dan FIM selaku regulator balap mewajibkan sebagian lintasan Sirkuit Mandalika diaspal ulang.

Hal tersebut menyusul hasil evaluasi tes pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari lalu.

Baca Juga: MotoGP 2022: Suzuki Tunjuk Livio Suppo sebagai Manajer Tim

Selama tiga hari penyelenggaraan tes, para pebalap mendapati aspal di sebagian lintasan mengelupas dan permukaan trek yang kotor dan berdebu. Bahkan, banyaknya batu-batu kecil di lintasan.

Dorna dan FIM mengidentifikasi dua area yang perlu diperbaiki, yaitu kebersihan permukaan trek.

Selain itu, banyaknya agregat seperti pasir, debu dan kerikil atau pecahan batu, yang berada di atas lintasan.

Baca Juga: MotoGP 2022: Kepala Kru Ungkap Target Marc Marquez di Musim Ini

Sehingga direkomendasikan pengaspalan ulang sejumlah bagian lintasan sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 15 atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan.

Saat ini, Priandhi menuturkan sebelum pengaspalan ulang, lintasan sudah dikupas dan dibersihkan untuk memungkinkan aspal melekat dengan baik serta mengurangi risiko kerusakan pada masa mendatang.

Ia menegaskan target penyelesaian pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika adalah paling lambat 10 Maret.

"Tapi kami berharap semuanya rampung sebelum target tersebut," ucapnya.***

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x