Pemprov Jabar Siapkan 1.300 Tim untuk Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

- 4 Juni 2024, 15:54 WIB
Ilustrasi hewan kurban/
Ilustrasi hewan kurban/ /pixabay/knarrhultpia

POTENSI BISNIS - Menjelang Idul Adha 2024, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengerahkan sebanyak 1.300 petugas untuk memeriksa kesehatan hewan kurban.

Tugas mereka adalah memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat dan sesuai dengan syariat Islam.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin, saat melepas Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Jabar di Balai Kota Bogor pada Senin, 3 Juni 2024.

Baca Juga: TERKUAK! Dipta Akhirnya Tahu Ghani Masih Hidup, Auto Seret Anggun dan Suaminya ke Penjara, Cinta Tanpa Karena

"Sejauh ini, hewan kurban di Jabar sehat. Namun, penting bagi pembeli memastikan bahwa hewan kurban memenuhi syariat Islam. Jadi, pastikan untuk bertanya mengenai usia hewan karena ada syarat minimal," kata Bey.

Ia juga menekankan pentingnya bagi petugas untuk memastikan bahwa pedagang dan pembeli memahami detail-detail hewan yang layak dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha.

"Hari ini saya melepas tim pemeriksa kesehatan hewan kurban. Harus ada dua sisi, baik dari masyarakat sebagai pembeli maupun pedagang, yang diinformasikan dengan jelas dan detail," lanjutnya.

Selain itu, Bey mengingatkan bahwa semua pedagang hewan kurban harus memahami pentingnya kondisi kesehatan hewan yang dibuktikan dengan sertifikat.

"Pedagang harus diberi pengertian bahwa hewan mereka harus sehat, dan masyarakat perlu tahu, maka harus ada sertifikat dan sebagainya. Semua pemeriksaan hewan ini gratis," tambah Bey.

Halaman:

Editor: Mutia Tresna Syabania


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah