Hari ini Mars Lebih Dekat dengan Bumi, Fenomena Langka Dapat Dilihat Mata Telanjang Tanpa Teleskop

- 6 Oktober 2020, 09:17 WIB
Ilustrasi: Posisi Mars dan Bumi berdekatan/
Ilustrasi: Posisi Mars dan Bumi berdekatan/ /PIXABAY/Sttefan

POTENSI BISNIS - Planet Mars diprediksi akan lebih dekat dengan Bumi. Fenomena langka di langit tersebut diprediksi terjadi pada hari ini, Selasa 6 Oktober 2020.

Jarak Planet Mars ke Bumi hanya sekitar 62,1 juta Km. Ini menjadi jarak terdekat selama 15 tahun ke depan. Hal ini menjadi fenomena langka bagi warga bumi untuk dijadikan pengalaman dimana bisa mengamati Mars dengan atau tanpa teleskop.

Bagi warga yang ingin mengamati fenomena tersebut tidak perlu khawatir. Fenomena tersebut tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya bagi para penghuni bumi. Seperti yang dilansir PotensiBisnis.com dari laman BagikanBerita.com dengan judul "BERSIAPLAH, Besok Planet Mars Akan Mendekati Bumi, Bisa Dilihat Mata Telanjang Tanpa Teleskop".

Baca Juga: Cara Mengatasi Pelatihan Kartu Prakerja Sertifikat Belum Muncul di Dashboard, Mudah Dilakukan!

Planet Mars dan Bumi memiliki orbit yang berbentuk sedikit elips sehingga memungkinkan untuk bisa sangat dekat satu sama lain. Posisi paling dekat adalah ketika Bumi berada jauh dari Matahari (Aphelion) sedangkan Mars berada paling dekat dengan Matahari (Perihelion).

Pada titik ini jarak Mars dan Bumi paling sedikit 54,6 juta Km. Konfigurasi ini disebut oposisi yang terjadi setiap dua tahun atau lebih.

Fenomena Planet Mars mendekati Bumi ini pun dimanfaatkan pada Juli dan Agustus lalu oleh Amerika Serikat, Cina dan Uni Emirat Arab untuk meluncurkan misi ke Mars.

Baca Juga: KABAR POPULER HARI INI: Jika Terjadi Tsunami 7 Kecamatan Terdampak di Garut hingga Hari Guru Sedunia

Jarak Planet Mars dengan Bumi terdekat diprediksi akan terjadi pad tahun 2029 nanti dengan puncaknya pada tahun 2035 dengan jarak 56,9 juta Km.***(Ahmad Taofik/Bagikan Berita)

Editor: Abdul Mugni

Sumber: Bagikan Berita PRMN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x