Pemerintah Kabupaten Garut Pastikan Kesiapan Akses Gerbang Tol Getaci di Banyuresmi, Begini Kondisinya

- 23 April 2024, 16:40 WIB
24 desa dari 4 Kecamatan Wilayah Kabupaten Ciamis akan terdampak pembangunan Tol Getaci
24 desa dari 4 Kecamatan Wilayah Kabupaten Ciamis akan terdampak pembangunan Tol Getaci /

POTENSI BISNIS - Kabar baik datang dari Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, terkait persiapan akses untuk masuk dan keluar gerbang Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) di Banyuresmi.

Menurut kabar terbaru, persiapan tersebut sudah mencapai tahap yang siap, meskipun masih memerlukan beberapa tahap lanjutan seperti pengerasan dan pengaspalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Agus Ismail, mengonfirmasi bahwa akses jalan telah dibuka dari Jalan Soekarno-Hatta, Lingkar Kadungora, hingga Jalan Musaddadiyah.

Baca Juga: Meninggal Saat Bertugas, Polisi Lakukan Autopsi kepada Satpam Kantor Kesbangpol Kota Tasikmalaya

Langkah ini menjadi titik penting dalam persiapan pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Bandung dan Garut.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa tahap pembangunan jalan tol tersebut sudah mencapai tahap pembayaran untuk pembebasan lahan di wilayah Garut.

Rencananya, konstruksi jalan tol ini akan dimulai pada tahun 2025, dengan harapan tahap pertama dari Bandung ke Garut dapat selesai pada tahun 2026, diikuti oleh tahap kedua dari Garut ke Tasikmalaya hingga Ciamis.

Agus Ismail menjelaskan bahwa untuk membangun akses jalan menuju Gerbang Tol Banyuresmi, diperlukan anggaran sekitar Rp 25 miliar untuk menghubungkan Jalan Soekarno-Hatta-Pemekarsari, dan kemudian ke Jalan Anwar Musaddadiyah.

Selain itu, Pemkab Garut juga akan memperbaiki kondisi jalan satu jalur lagi di Jalan Anwar Musaddadiyah dengan anggaran sekitar Rp13 miliar.

Halaman:

Editor: Mutia Tresna Syabania


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x