Beberapa Startup Berguguran Belum Siap Berkembang, Apalagi di Tengah Pandemi Covid-19

- 8 September 2020, 22:32 WIB
Ilustrasi: startup turun tidak siap hadapi kondisi/
Ilustrasi: startup turun tidak siap hadapi kondisi/ /PIXABAY/StartupStockPhotos

POTENSI BISNIS - Startup menjadi perbincangan hangat di masa sekarang ini. Banyak juga yang menyebut-nyebut bahwa startup merupakan satu diantaranya bisnis yang tidak tergoyahkan ditengah masa pandemi Covid-19 ini. 

Secara sederhana, startup adalah jenis bisnis yang mengandalkan dan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam menjalankan bisnsinya. Perkembangan teknologi tersebut diarahkan untuk dapat diakses dan dipergunakan sesuai kebutuhan manusia itu sendiri. Secara singkat startup merupakan sebuah industri jenis baru.

Dunia hari ini sedang melawan musuh bersama yani Pandemi Covid-19. Termasuk indonesia yang mengalami masa pandemi ini dimulai sejak Maret 2020. Secara serentak hal ini mengakibatkan kerugian secara langsung termasuk dalam sektor ekonomi. 

Baca Juga: BLT Rp600 Ribu Tahap III Segera Cair untuk 3,5 Juta Penerima, Menaker: Pastikan No Rekening Aktif

Dengan adanya pandemi ini, semua aktivitas kita jadi serba terbatas. Namun startup dianggap tidak akan terpengaruh bahkan menjadi solusi ditengah pandemi Covid-19 ini. Akan banyak yang mengaksesnya disituasi serba terbatas ini. 

Dilansir PotensiBisnis.com dari laman wartaekonomi.co.id sektor informasi dan komunikasi mengalami kenaikan dan perkembangan di Kuartal-II 2020. Hal ini menurut laporan dari Badan Pusat Statistika (BPS). Pertumbuhan tersebut tercatat sebesart 10,8%. Pertumbuhan ini lebih besar dari kuartal sebelumnya yakni di angka 9,8%. 

"Pandemi Covid-19 ini men-drive bisnis digital, sebab hal ini menjadi solusi saat semuanya sulit dan terbatas untuk keluar rumah. Online shop jadi solusi, Zoom jadi solusi, Halodoc jadi solusi. Secara umum digital menjadi growing." Ujar Yuswohadi selaku Pengamat Inventure Consulting.

Namun, tidak semua bisnis sturtup bisa melejit naik ditengah situasi pandemi Covid-19 ini. Nyatanya ada beberapa bisnis startup yang berguguran menutup layanan di Indonesia. Beberapa diantaranya bisnis startup tersebut adalah Airy, Sorabel, Stoqo, Eatsy dan Hooq.

Baca Juga: Cara Cek Saldo Bansos Rp500 Ribu per-Kepala Keluarga Menggunakan Smartphone Khusus Bank BRI

Halaman:

Editor: Abdul Mugni

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x