Makin Memanas, Ukraina Sudah Latihan Simulasi Tanggap Bencana Nuklir di Sekitar Area PLTN Zaporizhzhia

- 29 Juni 2023, 21:20 WIB
Ilustrasi Dampak Bom Nuklir
Ilustrasi Dampak Bom Nuklir /TheDigitalArtist

POTENSI BISNIS - Ukraina telah memulai latihan tanggap bencana nuklir di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang diduduki Rusia.

Pada Kamis, pejabat pemerintah daerah melaporkan bahwa latihan tersebut telah dimulai di kota Zaporizhzhia dan distrik sekitarnya.

Baca Juga: Live Streaming Ikatan Cinta: Raisa Bak Cacing Kepanasan Lihat Aksi Gombal Aldebaran ke Marsha

Kiev menduga bahwa Rusia berencana untuk melancarkan serangan "teroris" terhadap PLTN tersebut dengan membebaskan radiasi.

Namun, pihak Moskow membantah tuduhan tersebut. Gubernur Zaporizhzhia, Yuris Malashko, menjelaskan bahwa tujuan dari latihan ini adalah untuk mengkoordinasikan tindakan semua layanan dalam menghadapi ancaman nyata dalam situasi darurat di PLTN Zaporizhzhia.

Selain itu, latihan serupa juga telah dimulai di Kherson yang berbatasan dengan Zaporizhzhia.

Gubernur Kherson, Oleksander Prokudin, mengungkapkan bahwa pejabat-pejabat dan pasukan pertahanan sipil sedang bekerja bersama dalam skenario-skenario bencana nuklir yang mungkin terjadi.

"Tujuan latihan ini adalah mengkoordinasikan tindakan semua layanan jika terjadi ancaman nyata dalam situasi darurat di PLTN Zaporizhzhia," kata Prokudin via Telegram sebagaimana dikutip PotensiBisnis.com dari kantor Berita ANTARA.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x