10 Keutamaan Berpuasa di Bulan Muharram, Dapat Pahala hingga Menyehatkan Tubuh

- 19 Agustus 2020, 09:16 WIB
Ilustrasi berpuasa.
Ilustrasi berpuasa. /PEXELS/bongkarn

POTENSI BISNIS - Selamat Tahun Baru Islam. Bagi umat islam terdapat perintah Allah yang mewajibkan puasa, yaitu pada bulan Ramdhan selama satu bulan penuh. Kecuali bagi mereka yang sakit, ibu menyusui atau hamil, dan wanita yang sedang mengandung juga haid.

Namun ada salah satu puasa sunnah ialah puasa muharam. Sebagaimana umat islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunah ini, telebih untuk menyehatkan badan, simak berikut 10 keutamaan puasa di bulan muharram.

Oleh karean itu, pada bulan ini terdapat berbagai keutamaan tersendiri, maka berpuasa di dalamnya pun menjadi suatu hal yang baik dan berkah. sebagaimana berikut ini:

Baca Juga: Jelang 1 Muharram 1442 H, Bebagai Keutamaan pada Bulan Ini hingga Diampuni Dosa Tahun Lalu?

1. Menjalankan Sunnah Rasul

Menjalankan sunnah Rasul merupakan bagian dari ibadah. Hal ini juga sebagaimana disampaikan dalam QS Ali Imran ayat 131: “Katakanlah: Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah (sunnah/petunjuk)ku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Tentunya dengan melaksanakan puasa sunnah kita telah menjadi bagian dari ummat Rasul.

Selain itu, Allah juga memberikan banyak ampunan dan kasih sayang-Nya bagi manusia.
Hal serupa juga terdapat dalam Al-Quran: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS Al Ahzab : 21).

Untuk itu, puasa muharram yang menjadi bagian dari Sunnah Rasul bisa kita lakukan sebagaimana yang telah Rasulullah contohkan.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x