Kaget, Lokasi Perguruan Tinggi yang Dicabut Izinya Salah Satunya Ada di Bandung

- 31 Mei 2023, 23:20 WIB
Ilustrasi Mahasiswa
Ilustrasi Mahasiswa /Pixabay/Nikolay Georgiev/

POTENSI BISNIS - Kemendikbudristek telah mencabut izin operasional 23 perguruan tinggi swasta (PTS) di seluruh Indonesia, termasuk 5 PTS di Jawa Barat. Keputusan ini diumumkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, M Samsuri, dalam konferensi pers virtual yang baru-baru ini digelar.

Pencabutan izin tersebut berlangsung pada periode akhir 2022 hingga awal 2023. Menurut Samsuri, kelima PTS di Jawa Barat tersebut tidak dapat memenuhi standar pendidikan nasional, sehingga izin operasional mereka dicabut setelah melalui proses evaluasi oleh Tim Evaluasi Kinerja. Selain itu, terdapat dugaan bahwa kelima kampus tersebut terlibat dalam praktik nakal jual beli ijazah.

Baca Juga: Begini Nasib Mahasiswa di Perguruan Tinggi yang Izinya Dicabut, Tidak Dapat Izazah?

Perguruan tinggi di Bandung menjadi salah satu yang terkena dampak dengan pencabutan izin operasional tersebut. Namun, kabar baiknya adalah tidak ada perguruan tinggi di Cirebon atau wilayah Ciayumajakukuning yang mengalami pencabutan izin operasional oleh Kementerian.

Selain di Bandung, PTS di Jawa Barat yang mengalami pencabutan izin juga tersebar di Bekasi, Tasikmalaya, dan Bogor. Pihak berwenang menekankan bahwa setelah izin operasional dicabut, kelima perguruan tinggi swasta tersebut tidak diperbolehkan untuk beroperasi kecuali mereka mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan memenangkannya.

Samsuri menjelaskan, "Mereka tidak dapat beroperasi kecuali jika mereka melakukan gugatan ke PTUN dan gugatan tersebut dikabulkan."

Hal ini menunjukkan bahwa langkah hukum menjadi satu-satunya peluang bagi PTS tersebut untuk memperoleh kembali izin operasionalnya.

Baca Juga: Aduh! Deretan Perguruan Tinggi yang Dicabut izinya di Jawa Barat, Satu di Antaranya di Bandung

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x