Pekarangan Rumah jadi Potensi Bisnis, Tanam Sayuran untuk Ketahanan Pangan Keluarga

- 3 Agustus 2020, 13:40 WIB
Ilustrasi :Tanaman
Ilustrasi :Tanaman /Pixabay/nonstopsmile



POTENSI BISNIS - Pekarangan rumah yang sedikit lapang ternyata bisa menjadi potensi bisnis yang mendorong pada ketahanan pangan di lingkungan keluarga.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mendorong masyarakat di wilayah setempat memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam berbagai jenis sayuran.

Dikutip potensi-Bisnis.com dari Antara, ajakan untuk menanam berbagai jenis sayuran di halaman rumah sudah dilakukan sejak lama oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bicara Kenaikan Omzet, Pedagang Es, Kaki Lima dan Sayuran jadi Pendengarnya

Dengan demikian, kata dia, masyarakat di wilayah ini bisa makin produktif, khususnya pada masa pandemi COVID-19.

"Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini kita harus lebih kreatif memanfaatkan potensi yang ada, satu di antaranya adalah dengan memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayuran yang bisa dijadikan bahan masakan untuk keluarga," katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu.

"Sekarang ini ajakan menanam sayuran diintensifkan lagi. Pemkab ingin masyarakat memanfaatkan pekarangan untuk sesuatu yang baik, misalkan menanam bayam, kencur, cabai, jahe, atau berbagai tanaman lainnya," kata Dyah Hayuning.

"Terlebih lagi kegiatan ini sangat positif untuk menjaga ketersediaan bahan pangan, minimal untuk memenuhi kebutuhan keluarga masing-masing," katanya.

Dia menambahkan beberapa waktu yang lalu pihaknya telah berkunjung ke pertanian hidroponik yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani Sri Langgeng di Desa Selaganggeng Kecamatan Mrebet.

"Mereka bersama-sama membuat pertanian organik dan hidroponik dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di pekarangan atau di sekitar rumah mereka," katanya.

Halaman:

Editor: Awang Dody Kardeli

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x