Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik Lebaran 2023? Cek Update Pembangunan Tol Cisumdawu Seksi 3

- 21 Februari 2023, 10:39 WIB
Ilustrasi Mudik 2022
Ilustrasi Mudik 2022 /Unsplash/Randy Lisciarelli

POTENSI BISNIS - Pembangunan konstruksi jalan tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan) memasuki seksi 4 hingga 6 di Februari 2023. Seksi 1 sudah rampung dan beroperasi sejak Januari 2022. 

Sementara, seksi 2 dan 3 yang menghubungkan Pamulihan - Sumedang - Cimalaka juga sudah rampung dan masyarakat sudah bisa menikmatinya pada Natal dan Tahun Baru 2022/2023.

Banyak masyarakat yang menanyakan kapan seksi 3 hingga seksi 6 bisa selesai. Oleh sebab itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit menyebutkan jika tol Cisumdawu seksi 3 hingga 6 direncanakan rampung di kuartal pertama tahun 2023.

Baca Juga: Tes Psikologi: Cari Tahu Pesan Kesuksesan Karier Anda di Masa Depan, Pilih Gambar Burung Hantu

Hal itu berarti kemungkinan proyek tol Cisumdawu ini akan rampung di sekitar bulan Januari, Februari, Maret 2023. Tol Cisumdawu Seksi 4 hingga Seksi 6 akan menghubungkan Cimalaka - Legok - Ujungjaya - Dawuan.

"Untuk Seksi 1 hingga 3 sudah beroperasi, kemudian untuk Seksi 4 hingga 6 yang saat ini sebagian ruasnya sedang proses konstruksi sehingga dapat segera diselesaikan," kata Danang dikutip PotensiBisnis.com dari bpjt.pu.go.id.

Selain untuk mempermudah akses transportasi darat, Danang menyebut jika adanya Tol Cisumdawu bertujuan untuk memberi dampak pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar tol Cisumdawu. Hadirnya tol Cisumdawu diharapkan bisa membuka peluang usaha baru di wilayah Bandung hingga Kertajati.

Baca Juga: Tes Psikologi: Pilih Bunga pada Gambar, Cari Tahu Penilaian Orang Baru tentang Anda Dilihat dari Luarnya Saja

"Kita berharap setelah terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu ini akan memberikan peran penting sebagai konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membuka banyak peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat khususnya konektivitas dari Bandung menuju ke Kertajati," ujar Danang.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x