Peringati Hari Pahlawan 2021, Google Doodle Hari Ini Tampilkan Ismail Marzuki

- 10 November 2021, 08:02 WIB
Peringati Hari Pahlawan 2021, Google Doodle Hari Ini Tampilkan Ismail Marzuki./Google
Peringati Hari Pahlawan 2021, Google Doodle Hari Ini Tampilkan Ismail Marzuki./Google /



POTENSI BISNIS - Dalam memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada Rabu, 10 November 2021.

Google Doodle hari ini, menampilkan sosok pahlawan nasional asal Betawi yaitu Ismail Marzuki.

Ismail Marzuki  merupakan sosok pahlawan yang mampu membangkitkan rasa semangat nasionalisme dan kebangsaan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan karya-karya hebatnya.

Baca Juga: Hari Pahlawan 2021: Berikut Tema, dan Makna Logo, Diperingati Tiap 10 November Bisa Download di Sini

Seperti yang diketahui sosok Ismail Marzuki yang muncul di Google Doodle hari ini adalah seorang maestro musik Indonesia yang kemudian dinobatkan sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah pada tahun 2004.

Sebagaimana dikutip PotensiBisnis.com dari berbagai sumber, Ismail Marzuki lahir pada 11 Mei 1914,  di Kwitang, Jakarta Pusat. Indonesia ketika wilayah itu berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda.

Sementara itu, nama Ismail Marzuki kini diabadikan sebagai pusat seni di kawasan Cikini, Jakarta Pusat yaitu Taman Ismail Marzuki.

Baca Juga: 15 Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021: Cocok Buat Status di FB, WhatsApp dan Twitter

Taman Ismail Marzuki (TIM), yang berfungsi sebagai pusat pelestarian warisan budaya Indonesia dan inovasi kreatif dalam seni rupa, musik, teater, tari, dan film.

Hari ini, pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang Marzuki di TIM, yang memamerkan koleksi pribadinya termasuk lagu-lagu tulisan tangan dan beberapa dari banyak instrumennya.

Sejak kecil Ismail Marzuki selalu berlatih musik hingga lima jam sehari untuk menguasai delapan instrumen: harmonika, mandolin, gitar, ukulele, biola, akordeon, saksofon, dan piano.

Baca Juga: 45 Link Download Twibbon Hari Pahlawan 10 November dengan Desain Unik Terbaru, Bagikan di Medsos

Namun pada usia 17, ia menggubah lagu pertama dari ratusan lagu yang akan ia hasilkan sepanjang kariernya.

Sementara itu, lagu-lagu Marzuki mengungkapkan perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan nada melankolis sekaligus mewakili ketahanan bangsa melalui melodi yang melambung.

Pada tahun 1955, Marzuki mengambil alih sebagai pemimpin Orkestra Studio Jakarta yang bergengsi dan menggubah lagu Pemilihan Umum, tema musik pemilihan umum pertama di Indonesia.

Baca Juga: 30 LINK Twibbon Hari Pahlawan 10 November 2021, Cocok untuk DIbagikan di Media Sosial dan Cara Membuatnya

Sementara itu lagu-lagu ciptaan Ismail Marzuki yaitu Melancong ke Bali, Bapak Kromo, Olee lee di Kutaraja, Rindu Malam, Bandaneira, Lenggang Bandung, dan lain-lain.

Lagu Ismail Marzuki yang sangat populer adalah Rayuan Pulau Kelapa yang seringkali menjadi penutup akhir siaran oleh stasiun TVRI pada masa pemerintahan Orde Baru.

Seperti yang diketahui Ismail Marzuki meninggal dunia pada 25 Mei 1958 di umur 44 tahun di kediamannya kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Ismail Marzuki meninggal karena penyakit paru paru yang dideritanya. Beliau dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.***

Editor: Pipin L Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x