Pasca Gempa, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Potensi Banjir Bandang dan Longsor  

- 10 April 2021, 18:51 WIB
BMKG Ungkap Penyebab Gempa Bumi Selatan Malang 6,1M, Guncang Hampir Seluruh Pulau Jawa dan Bali.
BMKG Ungkap Penyebab Gempa Bumi Selatan Malang 6,1M, Guncang Hampir Seluruh Pulau Jawa dan Bali. /Twitter/@DaryonoBKMG.

 

 

POTENSI BISNIS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat di sekitar wilayah Jawa Timur pasca terjadinya gempa untuk mewaspadai potensi bencana longsor dan banjir bandang bila terjadi hujan.

Berdasarkan informasi BMKG, beberapa wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat di Jawa Timur, yaitu Jombang, Mojokerto, Pasuruan, Bondowoso, Jember, Malang, Blitar, dan Tulungagung.

Kemudian di Trenggalek, Kediri, Gresik, Lamongan, Madiun, Nganjuk, Probolinggo, Tulungagung, Ponorogo dan Purwosari (Kabupaten Pasuruan).

 Baca Juga: Kepulauan Sangihe Diguncang Gempa Bumi, PVMBG Sebut Tak Ada Kaitan dengan Gempa Jatim

Baca Juga: Getaran Gempa Magnitudo 6,7  Di Malang  Terasa Hingga DI Yogyakarta  

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk waspada apabila terjadi hujan lebat.

"Jadi juga mohon diwaspadai potensi longsor dan banjir bandang bila terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebagai dampak lanjut setelah ada goyangan gempa bumi yang cukup kuat," ujar Dwikorita di Jakarta, Sabtu, 10 April 2021 dikutip dari ANTARA.

Lebih lanjut, Dwikorita mengatakan gempa bumi magnitudo 6,7 dapat membuat lereng-lereng menjadi rapuh sehingga dapat memicu terjadinya bencana longsor dan banjir bandang.

Halaman:

Editor: Babah Pram

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x