Gunung Sinabung Erupsi, Warga Sekitar Sungai Diimbau Waspada Bahaya Lahar

- 8 April 2021, 00:55 WIB
Gunung Sinabung erupsi, luncurkan abu vulkanik.
Gunung Sinabung erupsi, luncurkan abu vulkanik. /Antara/

POTENSI BISNIS - Gunung Sinabung yang berlokasi di Kabupaten Karo, Sumatra Utara kembali erupsi sekitar pukul 15.45 WIB, Rabu, 7 April 2021. Tinggi kolom abu teramati 1.000 meter di atas puncak gunung.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Andiani mengatakan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimal 15 mm dan durasi sekitar 2 menit 42 detik," ujar Andiani, Rabu, 7 April 2021.

Baca Juga: Gunung Sinabung Erupsi Hari Ini, Sudah Masuk ke Level Siaga

Baca Juga: Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Guguran Awan Panas hingga Tinggi Kolom Abu Capai 5.000 Meter

Menurutnya, Gunung Sinabung saat ini berstatus level III siaga. Andiani merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung tidak beraktivitas di area pedesaan yang sudah direlokasi serta tidak memasuki radius 3 km dari puncak gunung dan radius sektoral 5 km untuk sektor Selatan-Timur juga 4 km untuk sektor timur-utara.

"Jika terjadi hujan abu masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah, untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik," tukasnya.

Andiani pun mengatakan agar masyarakat mengamankan sarana air bersih serta membersihkan abu vulkanik yang menumpuk di sekitaran atap rumah.

Baca Juga: PP Hak Cipta Lagu Diteken Jokowi, Berikut Tempat-Tempat yang Dikenai Biaya Royalti

Halaman:

Editor: Babah Pram

Sumber: PVMBG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x