Anggota Komisi I DPR RI Sebut Pemerintah Seakan Andalkan Vaksin sebagai Senjata Terakhir

- 13 Januari 2021, 17:20 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta.
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta. /Instagram.com/@drsukamta

POTENSIBISNIS - Program Vaksinasi Covid-19 sudah dimulai per Rabu 13 Januari 2021, menanggapi hal ini anggota Komisi I DPR RI, Sukamta menyebutkan bahwa vaksinasi menjadi momentum perbaikan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa selama berlangsungnya pandemi Covid-19 di Indonesia, vaksinasi menjadi awal yang baik bagi penanganan pandemi.

Selain itu, Sukamta menilai penanganan Covid-19 di tanah air pada awalnya terlihat kedodoran dan kewalahan.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Mulai Disebar, Ancaman Hukum Bagi yang Tidak Ingin Divaksin

“Seketika muncul optimisme masyarakat dengan dimulainya program vaksinasi,” tutur Sukamta seperti dikutip dari laman ANTARA pada Rabu, 13 Januari 2021.

Namun, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengingatkan jangan sampai optimisme itu menjadi euforia yang membuat terlena.

Dalam pandangannya, program vaksinasi pemerintah ini seolah-olah mengandalkan vaksin sebagai senjata pamungkas atau senjata terakhir dalam penanganan Covid-19.

“Banyak ahli epidemiologi mengingatkan agar pemerintah tidak hanya mengandalkan vaksin. Memperkuat pelacakan dan pengetesan (test, tracing, and treatment) serta kedisiplinan masyarakat melakukan protokol kesehatan menjadi kunci keberhasilan penanganan penyebaran virus, selain vaksinasi,” tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Tetapkan Mantan Ajudannya sebagai Calon Kapolri Tunggal, Ini Sederet Prestasi dan Kariernya

Halaman:

Editor: Abdul Mugni

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x