Jokowi Tetapkan Mantan Ajudannya sebagai Calon Kapolri Tunggal, Ini Sederet Prestasi dan Kariernya

- 13 Januari 2021, 15:59 WIB
Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo /bimata.id

POTENSIBISNIS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memutuskan Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si untuk menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

Pergantian dilakukan karena Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada Februari 2021, mantan Kapolda Metro dan Kabareskrim ini menjabat sebagai Kapolri sejak 1 November 2019.

Pergantian Idham Aziz dengan Listyo Sigit Prabowo tersebut disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di Gedung DPR RI pada Rabu 13 Januari 2021.

Baca Juga: Ini Cara Lapor ke Pedulilindungi.id, Jika Belum Dapatkan SMS Vaksinasi

Perlu diketahui bahwa Komjen Pol Listyo Sigit merupakan calon tunggal yang dipilih langsung oleh Presiden Jokowi.

"Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," kata Puan Maharani, Jakarta, Rabu 13 Januari 2021. Dikutip Potensibisnis.com dari PMJNews.

Selanjutnya, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR yang merupakan mitra kerja Polri, juga akan dilakukan pengesahan di paripurna DPR dan dilanjutkan pelantikan di Istana Negara.

Baca Juga: Saat Ada yang Ragu Vaksin dan Tudingan 'Kelinci Percobaan', Addie MS: Hari Ini Jokowi Memenuhinya

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin menyebut bahwa Listyo, seorang pria kelahiran Ambon, Maluku, 5 Mei 1969 adalah sosok polisi yang berprestasi di atas rata-rata.

Halaman:

Editor: Pipin L Hakim

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah