Pengusaha harus Mahir Negosiasi, Simak Caranya  

- 1 Agustus 2020, 05:51 WIB
Ilustrasi: Negosiasi /Pixabay/geralt

POTENSI BISNIS - Negosiasi merupakan satu diantara skill yang harus dimiliki dalam berbisnis. Kemampuan negosiasi bisnis yang baik, akan menghasilkan kerjasama yang menguntungkan bagi pihak yang bekerjasama.

Kemampuan negosiasi dikuasai dengan belajar dan berlatih. Jangan khawatir jika anda belum memiliki kemampuan negosiasi bisnis, Dilansir dari Forbes, berikut tips meningkatkan kemampuan negosiasi bisnis :

Baca Juga: Langkah Mudah Menganalisis Kebutuhan Pasar bagi Pemula dalam Berbisnis

1. Memahami Dua Sudut Pandang

Tujuan negosiasi bisnis untuk mendapatkan kesepakatan yang berdampak bagi kedua pihak atau lebih. Kendatipun anda berusaha meyakinkan pihak lain menurut sudut pandang ideal anda, namun jangan lakukan percakapan dengan bicara tanpa henti.

Negosiaor yang baik bisa menjadi pendengar aktif, demi memahami inti masalah dan sudut pandang pihak lain.

Jika anda mampu memhami sudut pandang oranglain, maka anda bisa memberikan respon yang tepat dan membuat penawaran sesuai dengan kepentingan mereka.

2. Persiapkan dengan Matang

Memahami kepentingan bisnis anda secara komprehensif adalah persiapan utama anda dalam bernegosiasi. Anda bisa melakukan review latar belakang bisnis anda, dan gambaran besar tujuan bisnisnya sebelum memulai negosiasi.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim

Sumber: Forbes


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X