Abdurrahman Bin Auf, Cara Kaya Tanpa Modal

- 31 Juli 2020, 04:11 WIB
Ilustrasi: Pasar /Pixabay/StockSnap


POTENSI BISNIS - Jika anda adalah pemula dalam berbisnis, tidak memiliki modal apapun, jangan khawatir. Berikut adalah cerita Abdurrahman Bin Auf, pengusaha kaya, mengawali bisnis tanpa modal.

Abdurrahman Bin Auf adalah satu diantara orang terkaya kota Mekah tahun 622 M, tapi ketika  hijrah ke Yastrib, seluruh hartanya ditinggalkan, tidak ada yang dibawa. Ketika sampai di kota Yastrib (Madinah), Nabi Muhammad SAW mempersaudarakannya dengan Saad Bin Rabbi, orang terkaya di kota Yastrib.

Datang sebagai pria miskin harta, melihat situasi Abdurrahman bin Auf, Saad Bin Rabbi simpati dan menawarkan setengah kekayaannya. Kemudian Abdurrahman Bin Auf menolaknya secara halus.

Abdurrahman Bin Auf hanya meminta kepada Saad Bin Rabbi untuk menunjukan dimana letak pasar, tempat Masyarakat Yastrib melakukan transaksi jual beli. Selah mengetahui lokasi pasar, Abdurrahman bin Auf berbisnis dipasar itu, dalam waktu yang relatif singkat beliau menjadi satu diantara orang terkaya di kota Yastrib.

Berikut adalah Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal ala Abdurrahman Bin Auf :

1. Riset Pasar

Setelah mengetahui lokasi pasar, Abdurrahman Bin Auf melakukan riset, mencari tahu produk apa yang paling laku di pasar Yastrib, dia menemukan bahwa cangkul adalah produk yang laris di pasar Yastrib.

Baca Juga: Langkah Mudah Menganalisis Kebutuhan Pasar bagi Pemula dalam Berbisnis

Masyarakat Yastrib memiliki pekerjaan utama berkebun, maka cangkul adalah produk yang paling banyak dicari.

Cara pertama yang harus dilakukan jika anda hendak memulai bisnis tanpa modal adalah mulailah melihat kebutuhan pasar, cari tahu kebutuhan masyarakat, temukan produk yang tepat dengan kebutuhan pasar.

Halaman:

Editor: Rahman Agussalim


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X